? Tips Masuk ke Gontor | Indah Islam
7:19 pm - Wednesday August 16, 2017

Tips Masuk ke Gontor

Sunday, 19 July 2015, 1:02 | Pendidikan Islam | 11 Comments | 14827 Views
by Indah Fatmawati

tips masuk ke gontor

Assalamua’laikum SOBAT! Apa kabarmu hari ini? Pasti bahagia ya, Abis lebaran kan? Duh, enggak kerasa ya, waktu itu beputar semakin cepat dan ternyata ada banyak orang yang baru saja dinyatakan lulus dari ujian akhir yang diselenggarakan oleh pemerintah itu. Dan mungkin sebagai kabar gembira bagi para orang tua yang ingin memasukkan anaknya yang lulus SD ataupun SMP ke sekolah yang baru dengan berbagai macam pertimbangan. Yah aku tahu, sebagai orang tua terbaik yang pastinya perhatian dengan pendidikan anaknya tentunya setelah lebaran atau bahkan sebelum lebaran sudah merencanakan sekolah mana yang akan anandanya masuki.

Nah! berhubungan dengan itu, ada beberapa orang yang menanyakan tentang bagaimana sih pendaftaran di Gontor itu? Dari pada Indah jelasinnya satu persatu, mendingan jelasinnnya dalam satu tempat yang bisa semua orang baca dan mengerti tanpa harus repot-repot hubungin Indah via social media. Buat para orang tua yang mau masukin anaknya ke Gontor dan jadi WALI SANTRI tahun ini dan buat kamu yang berminat buat jadi seorang SANTRI tahun ini, mohon untuk terus pantengin deh artikel ini!

Oke! Kita Mulai.. Check it out!!!

check it out

Bedanya Gontor Putri sama Putra:

Apa bedanya? Jelas! Perempuan dan laki-lakinya terpisah dan jarak sekolahnya pun jauh, walaupun sama-sama di Provinsi Jawa Timur. Kalau Gontor Putra Pusat berada di Ponorogo yang biasanya dikenal banyak orang apalagi film 5 menari itu. Kalau Gontor Putri Pusat ada di Mantingan Ngawi. Kalau jarakmu dari Jawa Tengah, Tentunya lebih dekat dengan Gontor Putri. Tanggal pendaftarannya pun juga berbeda. Biasanya Gontor Putra lebih cepat tanggal pendaftarannya dibandingkan dengan putri. Bahkan Gontor Putra serign mengalami pembludakkan calon santri. Jadi diharapkan ada baiknya untuk lebih cepat mendaftarkan diri siapa tahu, bisa jadi kemungkinan tiba-tiba pendaftaran tutup dikarenakan Pondok tidak sanggup lagi menampung calon santri.

Jadi sistem Gontor itu kalau Indah lihat kayak sistem karantina pelatihan gitu deh. Karena Gontor itu berbeda sobatku. Bukan kayak sekolah yang langsung daftar terus tes ujian masuk terus pulang baru nanti waktu tanggal masuk sekolah para siswa baru datang ke Pondok. Melainkan, calon santri yang datang itu mendaftarakan diri dengan serangkaian prosedur dan membayar lunas biaya administrasi pendaftaran. Kemudian ia akan mendapatkan jadwal ujian tes lisan. Nah ini nih yang bikin hati enggak enak! Setelah mendaftar calon santri harus masuk ke asrama dan tidur di asrama dengan kegiatan tambahan belajar dalam menghadapi ujian masuk Gontor.

Terus untuk ujian lisannya giamana? Ya hanya seperti biasanya aja, misalnya kamu suruh praktekkin sholat shubuh, doa-doa keseharian kayak do’a bercermin, masuk kamar mandi, berpergian. Terus baca Qur’an dan ditanyain tajwidnya, dan satu pertanyaan yang klasik ini “Kenapa mau masuk Gontor? Ke Gontor apa yang kamu cari” ya tererah sih, mau jawab apaan. Mau jawab “gatau disuruh orang tua” itu juga gapapa, buktinya temenku masuk tuh cuma ngomong gitu doang. Hahaha >.< Iya, mungkin maksudnya berbakti kepada orang tua kali ya.

Sedangkan untuk ujian tulis ini yang katanya sih buat “deg-degan” Ah, tapi kayaknya biasa aja deh, santai aja. InsyaAllah mudah kok. Apalagi buat yang masuk SMA lulus SMP, insyaAllah mudah. Untuk matematika juga tidak sulit kok, karena soal-soalnya sering kita temui juga. Mungkin untuk bahasa Indonesia gitu, buat yang masih agak gimana sama bahasa Indonesia. Terus ada ujian dikte bahasa Arab. Nah yang ini PR buat kalian yang enggak ngerti bahasa Arab sama sekali. Makanya, gunanya asrama itu buat melatih adptasi kehidupan di Gontor dan untuk belajar dikte bahasa Arab. Nanti ada yang ajarin kok, makanya daftarnya agak diawal biar lebih intens. Kalau bener-bener udah niat masuk Gontor.

Apa yang harus kamu siapkan dalam satu kopermu?

satu koper untuk ke gontor

1. Perlengkapan pribadimu, alat tulis, mukena putih bukan bahas jatuh, sejadah, alqur’an, buku, alat mandi, obat-obatan , sendok, piring, sendal dll.

2. Baju muslim, bagi yang perempuan.. Kerudungnya itu harus standart Gontor, putih dan tidak menerawang jadi nanti kalian bisa beli. Baju juga yang panjang minimalnya panjangnya setangan kamu. Tapi kalau buat putra, Indah enggak ngerti nih. Bawa selimut

3. Lalu buat tidur, beli kasur aja sekitar 200 rebuan, jangan lupa kamu bawa sprei aja, beli ember aja, beli tas sendal, beli seragam buat ujian tulis *repot amat yak*, beli bantal aja, beli buku buatmateri pelajaran di Gontor, gak perlu2 amat sih. Paling kalian beli aja buku yang buat bahasa indonesia sama buku do’a-do’a

4. Siapkan uang untuk pembiayaan. Karena calon santri dinyatakan sah mendaftar setelah melunasi biaya pendaftaran. Gak dari itu, kalian juga perlu uang ketika tahu kehabisan makanan di dapur atau gak suka sama lauknya, beli keperluan, dan juga buat biaya pendaftaran ulang. Mungkin kalau kalian lihat harganya itu termasuk murah jika kita bandingkan dengan sekolah lain. Tapi jatuhnya bisa mahal karena banyak “embel-embel” dan “pernak-pernik” buat keperluan santri. Sekiranya, jika mampu, bawa lebih sekitar 10-15 juta lah.. *ya cuma saran aja*

5. Ini paling penting.. Siapkan mental ya! Mantapkan hati buat masuk pondok ini. Karena ketika kalian menjadi capel itu, mungkin bagi sebagian orang ada yang jadi lemah tekadnya apalagi kalau sudah keterima, biasanya rasa ingin “pulang” dan kembali ke “rumah” itu selalu saja menghampiri. Guys, kuatkan tekadmu dengan berdo’a dan berusaha.

Buat kalian yang masih bimbang buat masuk Gontor apa enggak, sekedar penjelasan aja ya! Gontor itu disiplin, dan taukan sekolah apa yang paling disiplin? Yap, militer. Jadi Gontor itu enggak jauh beda sama sekolah militer. Hehe. Di sana kalian akan merasakan bagaimana hidup sebatang kara (Haha, bahasa Indah apaansih), belajar bagaimaan mandiri dan mengatur uang sendiri, jika kalian rindu dengan mereka yang di rumah ada baiknya kalian ke wartel walaupun ngantri dan mahal. Karena uang itu, enggak bisa membeli orang-orang yang kita cintai.

Buat para orang tua yang mau sekolahin anaknya di Gontor, kuharap para orang tua mengerti kondisi anaknya dan kondisi aktivitas pondok. Memang harus ikhlas gitu apalagi kalau anak perempuan. Tapi emang lebih terjaga sih, karena lingkup yang islami. Kuharap orang tua selalu memantau kesehatan anaknya karena biasanya karena banyak aktivitas, santri itu suka lupa sama dirinya sendiri.

tugas baru di gontor

Untuk orang tua, kuharap kalian juga memperhatikan anaknya walaupun jauh. Mungkin untuk satu bulan mondok enggak perlu telepon ataupun jenguk. Karena satu bulan itu sebenarnya adalah waktu untuknya beradaptasi di pondok. Terus kalau soal betah, ah jangan ditanya ya bapak ibu. Sampai sekarang pun Indah juga enggak betah kok. Bahkan kalau tanya para alumni apalagi alumnus siapa sih yang betah? Hanya beberapa aja, selebihnya sih enggak. Bagiku, pondok di sana bukan soal “seberapa betahnya kamu di sana” tapi ini mengenai “seberapa kuat bertahannya kamu di sana”

Gontor itu bikin penasaran! Emang! Kuakui itu, karena awalnya juga penasaran dan kau akan mengetahuinya lambat laun setelah engkau masuk sekolahnya dan mengikuti seluk beluknya. Kita belajar hidup bermasyarakat yang paling buat Indah kagum itu dengan mempelajari kata bijak ini “Berkorbanlah tapi jangan jadi korban” Nah Lho, gimana tuh? Ntar rasain sendiri dah!

Hidup bermasyarkat, masyarakat di sekitarnya itu adalah cerminan dirimu. Yap, maksudku bagaimana kita menjadi pribadi diri sendiri yang baik dan kehadirannya menyenangkan. Nanti, akan terlihat sifat-sifat dan kebiasaan kita. Jadilah kopi yang bisa mempengaruhi lingkungan menjadi lebih baik. Bukan jadi wortel yang jadi lembek gitu kalau dipanasin pakai air.

tetap fokus

Siapkan mentalmu nak, karena bagaimana pun amar ma’ruf nahi munkar harus terus ditenggakkan walaupun kadang kita jadi terjatuh dan merasakan ketidak adilan itu pasti ada dikarenakan hal itu. Aku tahu itu pahit. Tapi inget ya, kalau kamu benar dan juga tidak salah dalam Qur’an dan hadits jangan pernah takut ya! Dimarahin itu biasa.. Dibentak itu biasa.. Dikata-katain itu biasa.. Dipermaluin depan orang banyak itu biasa.. Dibicarain banyak orang itu biasa.. Diledek banyak orang itu biasa.. Tapi di sini bagaimana luar biasanya kita bisa sabar. Allah itu Maha Adil, pasti Allah akan balas yang lebih setimpal! udah banyak-banyak ingat Allah.

Pondok ini bebas. Bebas bagi santrinya untuk menganut mazhab atau organisasi apa. Entah NU, Muhammadiyah, wah semuanya ada di sini. Jadi kalau ada yang tidak sependapat dengan kalian, ya cobalah untuk jelaskan tentang yang kau tahu atau ya terima aja dengar pendapatnya. Di sinilah kita belajar hidup bermasyarakat, saling menghargai dan memahami satu sama lain.

So guys!, ada yang lain?

kontak Indah aja ya via:

email:indah@indahislam.com
Line: indaaheee
Facebook: indah islam dot com
IG: indaaheee

Oleh-oleh buat kalian yang udah sabar banget baca tips, saran, dan curhatan Indah ini. Ini Indah upload soal-soal ujian masuk Gontor. Hope these will help you!

 

This slideshow requires JavaScript.

Dear readers,
Aku tahu rasanya, minimnya informasi tentang Gontor itu buat kamu yang mau mendaftarkan diri apalagi yang enggak punya saudara di Gontor itu jadinya nge”bingungin”.  Apalagi kalau kamu telepon Gontor, wah sering banget sibuk dan enggak diangkat, mendingan kalian kan telepon Indah ya *Hahaha, mau banget Ndah. Jadi buat kalian yang mau masuk dan mau tes ujian masuk, Aku enggak mau kebingunganku yang tahun kemarin itu terulang lagi dalam diri kalian para readers. Oke-oke? Jadi, tujuan Indah menuliskan secara bebas ini agar tidak terulang lagi “kebingungan” itu.  Ini hanya sekedar tulisanku berdasarkan pengalaman dan isi hati, harap jangan protes karena itu ibarat kalain memprotes hati saya *LHO apasih ndah. ini indah bagikan saja, sebagai kisi-kisi kalian yang mau masuk Gontor. cukup jelas kan? 🙂

Kuharap, di mana pun kamu sekolah.. Jadilah yang terbaik. Hidup itu bukan di mana kamu sekolahnya. Tapi bagaimana kamu bisa meraih ilmu-ilmu yang bertebaran dengan maksimal dan menjadi terbaik di sekolah itu. Buat yang enggak keterima di Gontor padahal pingin banget di Gontor, ya masih ada tahun depan atau mungkin Allah punya skenario lebih Indah daripada sekolah Gontor ini.

Kau tahu? Ibuku selalu bilang, enggak ada hal yang perlu buat disesali. Bahkan harusnya kita bersyukur atas segalanya yang terjadi. Hei, pengalaman itu lebih berharga itu ibarat harta benda yang kau miliki karena enggak semua orang itu punya. Iya ga? Dan pengalaman yang kau punya enggak semua orang itu bisa miliki.. Buat yang mau masuk sekolah, mantapkan hati buat sekolahnya! Entah mungkin tiba-tiba engkau berhenti karena ada sesuatu entah lampu merah yang menghentikanmu dan tanda arah belok itu terlihat jelas akhirnya engkau belok ke tempat yang lain atau jalan sekolah yang lain. Bagiku, itu enggak apa-apa.. Toh enggak ada yang perlu disesali, karena yang lalu-lalu itu biarlah jadi pengalaman buatmu…

Buat yang mau Mondok dengan tujuan ilmu agama ingin kau banyak dapatkan, Indah sarankan untuk masuknya ke pondok salaf bukan pondok modern. Hehe. Buat yang mau jadi dokter, Indah sarankan buat masuk sekolah yang realistis, maksudnya? Ya maksudku ke sekolah yang ada jurusan IPA. Buat yang mau cari pengalaman, ke sekolah mana aja boleh. Tapi nanti ceritanya akan berbeda ketika kamu pergi jauh dari orang tuamu. Hahaha, #JustTryIt ini beneran lho!

Masa SMA, jadikanlah sebagai masa untuk tidak manja, lebih patuh dengan orang tua, lebih sadar tentang posisimu dan tentang kehidupanmu, jadilah orang yang bermanfaat buat orang lain, saling berbagilah.. Karena itu engkau akan kaya. Kaya hatinya! Berlapang dadalah atas segala hal yang terjadi padamu. Karena itu datangnya dari Allah. Bersabarlah atas semua ujian-ujian dan tugas-tugas numpuk. Hehe

Salam manis, dari pelajar SMA,
Indah fatma! 🙂

About the author

Indah Fatmawati

Tagged with: , , , , , , ,

11 responses to "Tips Masuk ke Gontor"

  1. sam says:

    nice article..terharu

  2. NL says:

    great !
    info yg sangat bermanfaat

  3. Yud says:

    Bagus juga pencerahannya, makasih ya

  4. Enter your name... says:

    good uhkt, antum skrg kelas brp KMI ukht??

  5. Trims kak!
    Info yang sangat membantu! 🙂

  6. Dewi says:

    Sekarang nanda kelas berapa….?

  7. even says:

    assalamualaikum, saya tinggl di Bekasi mbak saya dan anak saya minat sekolah di gontor, bisa kirim ke email saya soal2 masuk gontor untuk masuk SMP

  8. Fredric says:

    Nice post. I used to be checking continuously this
    blog and I’m inspired! Very useful info particularly the ultimate part 🙂 I take care of such info much.

    I used to be looking for this certain information for a
    long time. Thank you and good luck.

Leave a reply

Like This Yo!