? Sejarah Air Zam-Zam | Indah Islam
1:17 am - Thursday July 31, 2014

Sejarah Air Zam-Zam

Monday, 21 March 2011, 12:46 | Artikel Islam | 0 Comment | 549 Views
by Indah Fatmawati

Jakarta,21 Mret 2010

Tulisan ini berawal dari rasa penasaran saya dengan air Zam-zam.Yang suka ibuku berikan kepadaku sewaktu sakit…

Tetapi memang ada hadistnya yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas.

Rasulluallah SAW bersabda,

“Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air Zam-zam. Air zam zam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit”

 

Do’a ketika meminum air Zam-zam :

Allahumma inni as’aluka ilman nafian wa rizqan wasian wa syifaan min kulli dain wa saqamin birahmatika ya arhamarrahimin

 

”Ya Allah,ku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat,rizqi yang luas & kesembuhan dari segla penyakit & kepedihan degan rahmat-Mu ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih”

 

Sejarah Air Zam-zam

Tulisan ini ku dapatkan dari artikel di mading kelas 6 yang ditempel oleh Ust.Irawan (pinjam artikelnya 1 hari ya ) :D

Air zam dalam sejarahnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya Ismail yang ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim AS di sebuah padang tandus.Karena bekalnya habis, Siti Hajar berusaha mencari makanan atau orang-orang yang kemungkinan berada di sekitarnya.Ia pun berlari dari bukit Shafa ke bukit Marwah, balik lagi ke Shafa, dan kembali lagi ke Marwah. Tercatat, sebanyak 7x dirinya bolak balik bukit Shafa-Marwah. Apa yang dilakukan Siti Hajar itu kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.

Setelah lelah bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah, Siti Hajar mendengar perintah untuk melihat putranya yang sedang menangis & mmengentak-entakkan kakinya ke tanah.Ternyata, entakkan kaki Ismail AS berhasil mengeluarkan air yang berlimpah.Siti Hajar pun kemudian bekata, “Zamzam (berkumpullah),”hingga akhirnya air berkumpul dan dinamakan air Zamzam.

Munculnya air dari bekas entakkan Nabi Ismail AS ini kemudian memicu hadirnya serombongan burung-burung di sekitarnya.Melihat adanya burung ini, para Khalifah yang juga sedang mencari air segera menuju tempat burung-burung berterbangan itu.

Konon, setelah sekian ribu tahun, sumur Zamzam ini kemudian tertutup karena tidak ada yang merawatnya.Maka, kakek Nabi Muhammad SAW, (Abdul Muthalib), bernazar untuk menggalinya kembali apabila dirinya dikaruia banyak anak akan mengubankan salah satu dari anaknya.Do’anya pun dikabulkan Allah SWT dan ia mempunyai 10 orang anak.

Kemudian, Abdul Muthalib melaksanakan anzarnya. Namun, ia ragu siapa yang akan dijadikan kurban. Lalu, dundilah hingga kemudian muncul nama Abduallah, (Ayah Nabi Muhammad SAW). Keraguan semakin memuncak karena ia sangat menyayangi putra bungsunya ini. Setelah berkali-kali nama Abduallah muncul, ada yang mengusulkan agar nama Abdullah diundi dengan onta. Dan, setelah berkali-kali diundi, slalu muncul nama Abdullah, jumlah onta yang akan dijadikan kurban pun ditambah hingga 100 ekor onta.

Dan, pada undian berikutnya, akhirnya muncullah nama onta yang akan dikurbankan. Karena do’any dikabulkan oleh Allah maka Abdul Muthalib segera melaksanakan nazarnya, dia pun menggali sumur zamzam tersebut. Karena itu, sumur zamzam disebut pula dengan sumur gali (Dug Water Well)

Konon, air Zam-zam itu menyimpan rahasia yang luar bisa. Di antaranya, dipercaya bisa menyembuhkan penyakit sebagaimana hadits yang di riwayatkan dari Ibnu Abbas. Rasuluallah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air Zam-zam. Air zam zam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit”.

Suatu hal yang paling menarik, ternyata selama ribuan tahun sumur zamzam tak pernah kering airnya tak habis kendati dipergunakan oleh dari jutaan umat manusia setiap tahunnya :)

Dan itulah sejarah air Zam-zam (sumur yang tidak pernah kering)

Semoga bermanfaat ^_^”


 

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , ,

Leave a reply

Like This Yo!

Links:abercrombie soldeslouboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin Femmelouboutin pas cherLongchamp Pas Chercheap beats by dreGiuseppe Zanotti HommeCheap Beats by Dre