? Presentasi dengan Power Point | Indah Islam
3:39 am - Saturday December 20, 2014

Presentasi dengan Power Point

Sunday, 12 February 2012, 3:17 | Our School, Seputar Kami | 6 Comments | 3332 Views
by Indah Fatmawati

Sentul, 10 Februari 2012

Hari Jum’at.. Pada saat jam terakhir untuk belajar di sekolah hari ini. Ya, ICT (Information and Communication Technology) itu versi bahasa Inggris. Kalau di bahasa Indonesia yaitu TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Sama saja kok, tapi Indah senang pelajaran ICT di sekolah ini sama seperti di SD Indah. Yap, kita praktek!! :) Saat itu, guru ICT yang akrab dipanggil dengan Mr. Syaiful menyuruh murid kelas 7 untuk berkumpul di  kelas. Hmm, sebenarnya kurang enak sih kalau ICT di kelas bukan di lab. Malah jadi kayak bukan pelajaran ICT aja gitu :P hehe.

Sahabat tahu tidak? Kami disuruh apa?? Kami disuruh untuk berpresentasi. Ya, mempresentasikan tentang perkembangan teknologi dengan power point. Kami dibagi kelompok. Indah berkelompok sama Kyla dan Shoffa. Tapi mereka curang, Kyla jadi MC dan Shoffa menjadi operator. Lah, sayanya? Jadi narasumber! -__-” Oke, terimalah kenyataan yang nyata Ndah (ini lebayyy). Saat kami dijelaskan kami disuruh pinjam buku ICT di perpustakaan. Indah ndak fahim kalau pake bahasa Inggris semua. Ling-lung sendiri gitu.

Past, Current, and emerging technology. Enggak asing sih ditelinga Indah. Tapi, rasanya Indah akan bingung untuk menyusun, menjelaskan dan membuat power pointnya. Makanya, Indah enggak pakai seperti itu. Indah ambil dari buku yang di perpustakaan dan buku TIK Indah waktu di SMP 29 (hehe, belum sempat dikembalikan soalnya)

Nah, ngomong-ngomong tentang power point. Saat Mr. Syaiful berkata “Kalian projeknya bikin power point ya”. Tiba-tiba aku teringat akan sesuatu. Sesuatu yang  bermakna banget buat Indah. Saat diterangkan, Indah sempat termangu sejenak. SubhanaAllah.. Sepertinya terulang lagi…

Sahabat enggak tahu kan? Oke, Indah kasih tahu yaa..

Saat itu aku masih duduk di kelas 6 SD. Masa-masa yang paling indah, berkesan, pilu, dan pastinya mengharukan sekali buat Indah. Sahabat, saat sebulan sebelum Indah ujian praktek. Banyak sekali tugas yang harus Indah kerjakan saat itu. Salah satunya adalah tugas presentasi. Presentasi untuk pelajaran Science and PLBJ (Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta). Kalau untuk power point science Indah lebih tenang. Karena untuk science kami membuat satu percobaan dan kemudian di presentasikan. Nah, untuk PLBJ ini Indah ambil tema tentang Monorel. Beda banget sama topik-topik yang teman-teman Indah buat.

Kalau teman-teman Indah buat tentang makanan khas Jakarta, alat musiknya, kebudayaan dan berbagai macamnya. Sedangkan Indah? Malah ambil topik yang paling beda. habis menurut Indah itu menarik buat dibahas lhoo.. Indah ingat banget waktu nyari-nyari-nyari informasi di internet. kebawelan Indah dan rutinitas Indah di depan laptop. Indah lakukan terus. Menyenangkan sekali.. Tapi, Indah memang lama kalau buat semua ini. Indah bisa bikin internet rumah lambat jalannya. Kenapa? Semua informasi Indah buka dan komputer bisa jadi nge-hang! Hehe -__-”

Saat pertama latihan sih enggak gerogi. Pas di depan ‘principal’ (kepala sekolah) Indah agak grogi. Malah takut, walaupun Ustad Redy enggak akan gigit Indah. :P Nah, sahabat mau lihat gak presentasi Indah waktu SD. Simple banget sih… Tapi Indah harap ini bermakna dan bisa jadi informasi buat sahabat.

Setelah dengan basa-basi dan ucapan terimakasih… Indah buka power point Indah…

  Ya, ini tampilan slide pertamanya Indah.. :)

Kalau slide kedua Indah cengaja untuk masukan ke dalam rancangannya.

Slide ketiga adalah penjelasan apa itu monorel?

Pada intinya, kota Jakarta adalah pusat kota. Semua ada di sana. Dan penduduk pun melibihi kapasitas. Tak seimbang. Rasanya, monorel ini perlu untuk mengurangi kemacetan kota Jakarta.

Ini adalah latar belakangnya kenapa dibuatnya monorel di Jakarta. *Baca sendiri ya.. Enggak perlu Indah bacaain/tuliskan lagi

Ini adalah denah monorel di jakarta yang akan dibuat. Terdapat 2 jalur. Yaitu, jalur hijau dan jalur biru. *baca sendiri ya selnajutnya

Tapi faktanya, pembangunan monorel hingga saat ini terhenti. Dan baru dibuat tiang-tiang untuk jalur monorel.

Ini adalah serangkaian masalah-msalah mengapa tertundanya/ tidak dilanjutkannya pembangunan monorel tersebut.

Kondisinya sekarang adalah seperti ini *aku ringkasin aja ya.. Sahabat baca saja slide di atas. Proyek ini direncanakan akan selesai pada tahun 2007. Tetapi nyatanya sampai sekarang pembangunan terhenti dan tidak berdasarkan dengan rencangan yang sudah dibuat sebelumnya. Karena tahun 2007 adalah pergantiannya Gubernur DKI Jakarta. Yang tadinya Bpk. Sutiyoso menjadi Bpk. Fauzi Bowo. Karena Bpk Sutiyoso berfokus pada proyek monorel. Sedangkan Bpk. Fauzi Bowo berfokus pada proyek buswaynya maka terhentilah proyek monorel ini. Dan bisa dibilang ini adalah proyek yang gagal.

Selantunya, Indah memberikan saran untuk monorel ini..

Dan karena saya manusia biasa.. Saya mohon maaf jika ada kesalah dan kekurangannya..
Sekian dan Terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatuallhi wabarakatuh.

Menurut sahabat bagaimana power point yang Indah buat? Hehe, anak kecil kok bahas beginian ya..? -__-” Sebelumnya saya juga mau berterimakasih kepada guru ICT. Soalnya, kalau hari jum’ar kami enggak disuruh untuk membuat presentasi. Indah enggak mungkin bikin post ini.. :)

Ya, itu persentasi Indah, bagaimana denganmu? Saat itu Ustad Redy selaku juri memberikan 2 pertanyaan pada Indah.

“Apakah dengan jadinya monorel dapat mengurangi kemacetan kota Indah?”, tanyanya

Saat itu aku hanya bungkam sejenak. Lalu berfikir dan hati dan fikiranku mengeluarkan argumennya masing-masing. “Kalau jawab ‘iya’ ustad pasti enggak akan bertanya lagi”. “Tetapi kalau jawab ‘tidak’ Indah pasti ditanya lagi”. Akhirnya, Indah putuskan untuk menjawab “iya” Soalnya, menurut pemikiran Indah.. Kalau sturktur, rencana, keamanan, dan harga tiket itu murah, nyaman dan nyaman serta tidak macet. Pasti akan bisa mengurang.. Iya kan sahabat? Tapi kalau Indah jawab “tidak” mungkinn.. Indah akan bungkam seribu bahasa. Tapi sekarang Indah tahu, kalau Indah jawab “Tidak” apa alasannya..

Lalu pertanyaan kedua.

“Kalau monorel ini jadi, kan misalkan monorel itu rusak. Kerusakan terjadi disebabkan oleh apa?”, tanya beliau sambil mengoreksi.

Tanpa bungkam atau diam sejenak. Indah langsung menjawab.

“Kalau untuk kerusakan.. Wallahu a’lam ya Ustad, Mungkin karena teknisinya atau mungkin ada masyarakat yang nakal, Hmm, masih banyak lagi Ustad”, jawabku dengan gampangnya!

“Ya, seperti kamu lihat diberita.. Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) baut-bautnya dicopot oleh warga”, ucapnya padaku.

Saat mendengarkan ucapan usatad Redy itu, aku mengingat sesuatu. Tahun lalu aku memang pernah ke Jembatan Suramadu. Dan tujuan aku ke sana memang untuk melihat jembatannya. Apakah benar tentang isu itu? Buat sahabat yang pernah ke sana pasti tahu jawabannya. Jawabannya TIDAK!.. Tanpa berfikir panjang lagi, aku langsung membalas ucapannya.

“Hmm, ustad tahun lalu saya pernah ke sana. Memang sempat ada isu seperti itu. Tapi ternyata itu tidak benar. Saat saya ke sana baut-baut di sana tidak ada yang hilang. Bautnya sangat besar dan kokoh. Tentu pastinya warga tidak akan mampu mengambil dengan sendirinya”, jawabku dengan.. sekali lagi, dengan gampangnya!

Seketika, ustad Redy yang mendengarkan perkataanku. Ia terdiam.. Entahlah, Indah juga tidak mengerti. Tapi, ini kan bahasa Indah. Ini yang Indah lihat saat itu. Apakah ustad Redy belum ke sana? Aku yakin sepertinya sudah.. Atau mungkin belum. Saat itu teman-temanku yang melihatnya juga terdiam. Aku tatap mereka, mereka agak terkejut dengan perkataan saya. Mungkin di dalam hati mereka seperti ini “Enggak biasanya Indah seperti ini” Ya, itulah yang ada di benak mereka. Begini, kalau Indah merengerti dan mengetahui. Indah akan gampang menyampaikannya serta dengan gampangnya mengucapkan. Kalau Indah kurang tahu dan kurang mengerti. Indah suka bungkam sendiri. Malah berifkir-fikir lagi untuk menjawabnya.

Hmm, mungkin cukup untuk presentasi kali ini. Selesai presentasi pun. Teman-teman mengelilingiku. Lalu berkata “Tadi, Indah pede banget yaa.. Jawab pertanyaan ustad Redy.. Tumben!”, kata teman-temanku. Aku hanya tersenyum dan tertawa-tawa sendiri.. Indah juga enggak nyangka, Indah bisa ngomong seperti itu. Lucu banget!! Dan Indah ingat semua itu.. :)

Sudah dulu yaaa… Ma’as Salamah!

Warmly Regard
Indah Fatmawati

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , , , , , , ,

6 responses to "Presentasi dengan Power Point"

  1. ihsangpetualang says:

    Bagus ^^

    Indah sekolah dimana?

    • Indah says:

      kalau yang Indah presentasikan.. Waktu Indah SD di Azhari Islamic School
      Kalau sekarang, Indah SMP-nya di Al-Taqwa College.. Daerah Sentul

  2. kylasetiawan19 says:

    indah knp nama aku di bawa2 :@

Leave a reply

Terbaru!

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas CherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme