? Kan Cuma Sunnah! | Indah Islam
8:38 pm - Tuesday June 27, 2017

Ngakunya Ahlus Sunnah Wal Jamaah Tapi Bilangnya: “Kan Cuma Sunnah!”

Wednesday, 21 September 2016, 6:22 | Hukum Islam | 0 Comment | 716 Views
by Indah Fatmawati

cuma-sunnah

Dewasa ini, sering dijumpai orang-orang yang beragama islam yang ketika sebuah ajakan tertuju padanya padanya, “Ini sunnah lho.. Kerjain yuk”. Tapi mereka menjawab ajakan itu dengan terlalu mudah dan simple, ” Itu kan cuma sunnah!”

Ya, itu CUMA SUNNAH…

Rasanya sungguh tidak layak jika kita mengaku ahlus sunnah yang wukufnya di Arafah bukan di Karbala. Tapi mengaggap kalau itu cuma sunnah, itu hanya hal sedikit, sepele, dan kecil. Tapi pernahkan kita berfikir, bahwa Nabi saja sudah dijamin masuk surga tapi tetap berharap.. Dengan tetap melaksanakan perintah dan melakukan sunnah serta menjadi suri tauladan. Bagaimana dengan kita yang tidak dijamin masuk surga dan bahkan belum pernah merasakan ada di surga?

Ya, itu CUMA SUNNAH…

Banyak yang anggap kalau sunnah itu, ya “cuma” sunnah. Seakan-akan sunnah itu tidak penting untuk dilakukan. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya, Masa nabi buat sesuatu yang gak penting? Hingga akhirnya kita mengatakan bahwa itu CUMA sunnah? Sesuatu yang sedikit tetapi mendatangkan suatu yang luar biasa, masa bisa kita bilang “CUMA” (?). Mari manfaatkan kesempatan waktu untuk terus menghidupkan sunnah Nabi.

Gimana kita bisa dibilang ahlus sunnah wal jamaah? Ketika ada sunnah, kita bilang itu “CUMA sunnah”. Pun sekarang,”wal jamaah” seakan ikut tersingkirkan, orang kita berantem melulu. Orang urusan gubernur aja berantem. Saling berdebat, saling cek-cok. Orang islam dengan orang islam. Katanya “Jamaah”.

ikuti-sunnah

Karenanya, ada baiknya ketika kita bilang “itu tidak cuma sunnah”… Dalam pengertian aqidah, sunnah jika dikerjakan mendapatkan pahala namu jika ditinggalkan itu rugi. Mari bersama untuk terus berusaha melakukan sunnah. Itu enggak hanya cuma…

Reminder buat khususnya untuk saya sendiri dan kalian 🙂

 

Salam Manis,
Indah F

 

About the author

Indah Fatmawati

Leave a reply

Like This Yo!