? Minta Kepada Sang Pemilik Ilmu | Indah Islam
7:21 pm - Wednesday August 16, 2017

Minta Kepada Sang Pemilik Ilmu

Friday, 13 May 2016, 5:17 | Agama Islam | 0 Comment | 1198 Views
by Indah Fatmawati

jihad ilmu itu

Dua minggu yang lalu, dan Indah baru mulai menulis lagi minggu ini. Entahlah, tak terasa semua yang kujalani dan kulalui terasa begitu cepatnya. Dari libur tri wulan, libur tanggal merahnya kenaikan Isa al-masih, dan isra mi’raj juga udah terlewati (Hitung tanggal libur aja ya). Ya ampuun gak kerasa ini udah di penghujung akhir semester lagi. Benar-benar tidak terasa.

Banyak hal yang ingin kuceritakan, tapi aku bingung memulainya dari mana, banyak yang ingin kubagikan, tapi aku juga bingug dari mana memulainya. Aku emncoba untuk terus menulis walaupun sebenarnya bingung juga. Yah, semoga Indah bisa lebih aktif dalam bidang tulis menulis dan bisa membuat semua itu menjadi kartul, karya tulis. Kau tahu sob? Semua yang aku lakukan.. Aku yakin, itu ada hasilnya…

Minggu kemarin, aku cerita pada ibuku betapa sulitnya mengerti pelajaran Biologi. Karena biologi di SMA itu buanyak buanget lho! Hal itu aku elu-elukan kepada ibuku, karena beliau ketika masa kuliah mengambil jurusan biologi yang buat saya terheran-heran “Kok bisa ibuku ambil jurusan biologi?”. Aku menunjukkan buku pelajaran biologi SMA kelas 11 kepada ibuku. “Ini lho Mah, banyak banget! Ya ampuuun, gimana coba Mah? Ini itu banyak rumit ngejelimet”

Lalu ibuku berkata padaku sambil menatap mataku sedikit tajam. “Indah..” Ibuku menghela nafasnya.

“Kamu harus ingat Indah, kalau yang kamu pelajarin ini.. Kamu harus ikhlas. Ini lho, yang kamu pelajaran itu kan ilmunya Allah.. Minta tolong ke Allah biar Allah bantu dan ngasih ilmu itu ke kamu Indah..”

Dari situ, aku terdiam dan berfikir. “Iya yaa…”. Yap, ibuku memang selalu tahu jawaban ketika aku selalu bingung dalam belajar. Kalau dulu di pondok Ibuku selalu berbicara panjang untuk menasehatiku sampai-sampai guru yang menjaga wartel bilang “Waktunya habis Ukhti.. Kembalikan telepon itu”. Tapi saat ini aku dengarnya bisa “live” Hahaha… Iya ya, terkadang atau bahkan sering, Indah suka selalu merasa panik dalam mengahdapi hal-hal yang belum dimengerti dan belum dikerjakan. Aku terlalu merisaukan hal-hal yang pada hakikatnya belum tentu terjadi. Padahal sebagai pelajar, seharusnya kita bisa lebih berlapang dada dalam mencari ilmu itu. Ilmunya Allah, karena sang pemilik ilmu itu Allah, dengan perantara atau wasilah sang guru. Karena itulah.. Aku harus belajar untuk menjadi pelajar yang ikhlas dan berlapang dada dalam mencari ilmu.

Untukmu, sahabat-sahabatku yang sedang dalam perantauannya untuk mencari ilmunya Allah juga, ayo sama-sama berjuang! Kau tahu sob, dalam belajar, mencari ilmu di sekolah salah satunya.. Kita itu perlu meluruskan niat kita! Karena yang kita cari itu kebenaran ilmu dan ridho-Nya Allah. Mungkin apa yang kita pelajari saat ini, enggak kerasa manfaatnya. Mungkin yang kita hafalkan dan paham tentangnya tidak terealilasikan di kehidupan nyata kita sekarang ini. Ibuku juga selalu bilang, “Jangan pernah kamu merasa buat apasih aku belajar ini? Ngapain aku belajar ini? Ini gak ada gunanya”

Eittssss… Karena pemilik ilmu itu adalah Allah, jangan pernah bermain-main untuk berkata “tak ada gunanya”. InsyaAllah, dengan apa yang kita pelajari itu banyak hikmahnya. Jangan pernah meremehkan ilmu sekali pun sudah pernah kamu pelajari. Kenapa? Karena kita tak pernah tahu, kebaikan apa yang tersimpan yang telah Allah siapkan untuk kita.. Mungkin aja dengan belajar itu, Allah menguji kita dengan ilmu tersebut agar kita mendapatkan pahala, atau untuk mengasah otak kita, atau mungkin, agar dipertemukan dengan orang baik contohnya guru kita.

Mari fokus lagi, semangat lagi! Kita hidup, bukan diciptakan untuk berleha-leha. Mari melakukukan sesuatu dengan ilmu, yang itu baru namanya.. Beramal ilmiyah!

berilmu amaliyah

Salam hari Jum’at,
Alhamdulillah, sudah masuk ke akhir pekan! 🙂

INDAH FATMA

About the author

Indah Fatmawati

Tagged with: , , , , , ,

Leave a reply

Like This Yo!