? Mari Buat Karpet Buatan Tangan Sendiri | Indah Islam
3:08 pm - Friday October 19, 9612

Karpet Kakak (part 1)

Wednesday, 15 June 2011, 19:25 | Anak Islam | 14 Comments | 16500 Views
by Indah Fatmawati

Huft.. Bingung gak sama judulnya?.. Saya juga agak bingung kenapa begitu judulnya πŸ˜€ hehe,

Sip.. Ini tentang karpet bikinanku yang ga kelar2 πŸ™ .. Yap.. Semua ini bermula dari eyang yang pindah rumah kira2 pada bulan Desember 2009 Β yang lalu (lama ya..?) .. Karena banyak sekali barang2nya dan juga eyang suka menjahit. Saya diberi sebuah kotak besar. Kotak yang berisi….

TEBAK.. TEBAK.. apa isinya.. πŸ™‚

Taraaaa..! ternyata isinya barang-barang, tapi bukan sekedar barang biasa.. melainkan sebuah benang, jarum, tali, de el el.. (dikasih alat-alat buat menjahit ternyata) πŸ™‚ Yup.. dikarenakan eyang suka menjahit.. Dan aku..? ya lumayanlah bisa.. Tapi suka juga deng πŸ˜€

Tapi ini rasanya seperti dapat banyak buanggeett benang2 (lebay) mulai dari.. benang sulam, benang jahit, benang kasur, benang wol, beserta teman2nya yang gak mau ketinggalan.. Jarum juga ikutt! Β hmm.. apa lagi ya?.. Yaa.. banyak banget itu itu benang2nya dan temanya warnanya juga bermacam-macam merah, kuning, hijau, dilangit yang biru πŸ™‚ (hehe.. salah ya?.. Plakk.. ) banyak deh.. Yang ungu juga ada (promosi warna kesukaan)..

Tapi yang membuatku bergumam cuma satu. Β Karpet!. πŸ™‚ Ada satu yang membuat pikiran saya jadi fokus satu.. Ke karpet. Yaaaa.. Ku lihat eyang membuat 1 karpet walau ukurannya kecil mirp keset πŸ™ tapi lebih besar lagi..

Pada akhirnya.. Aku bertanya pada mama.. “Ma, ini karpet buatan eyang ya?”, tanyaku.. “Iya Ndah”, jawab mamaku. “Ihh, Eyang hebat banget.. Bisa bikin karpet”, gumamku.. “Ya Ndah.. Kamu juga bisa bikin karpet gampang kok.. Kamu mau bikin?”, ibuku bertanya. “Masa sih Ma?.. Aku mau dong bikin..” jawabku (pikiran udah kemana-mana membayangi karpet Β itu) “Iya nanti kita bikin ya.. ” jawab mama sambil berjalan begitu saja.

Akhirnya.. pada bulan Desember mama dan aku pergi ke Sarinah. Katanya di situlah tempat yang menjual banyak bahan2 untuk menjahit.. Yup, karna membuat karpet harus menggunakan “net”. Apasih net..? sebenernya saya juga kurang mengerti apa itu net… Masa bikin karpet harus pakai net..? ” ucapku. Heran. (mungkin karna mikirnya udah ke net untuk main tennis kali yah?) Ternyata bukan.. net untuk main tennis.. berbeda ternyata..

Aaah, tapi yang membuatku kecewa itu.. Waktu di Sarinah ternyata toko untuk menjual barang2 n’ alat2 menjahit itu udah tutup dari tahun-tahun yang lalu πŸ™ huh, padahal itu kan tokonya lengkap.. Akhirnya saya ke Blok M. Untung di sana ada πŸ™‚ .. Sebenernya ada nama lainnya.. Tapi entahlah aku ga tau tentang itu.. Tapi yang kutahu itu namanya net untuk buat karpet dari benang wol. hehe πŸ™‚

Ini.. tapi cuma ke foto segini netnya (dari ujung aja)

Kalau dah beli net nya .. Kita kok ga beli alat sama benang?.. Itu kan udah ada di kotak besar yang dari eyang.

Ini nih alat2nya.. Aku sih gak tau apa namanya.. Yang kutahu cuma itu adalah alat untuk karpet dari benang wol. πŸ˜€

Ini alatnya..

Hmmm.. Aku memulai membuat karpet ini saat bulan Desember 2009. Cukup lamaaa.. Untuk menyelesaikan karpet itu.. Sampai pada tahun 2010 juga tidak kelar2.. Sampai sekarang juga! πŸ™

Ini deh.. ku kasih gambar karpetnya yang baru jadi dari Desember 2009 – Desember 2010

Huaaa.. sampai sekarang masih belum selesai.. Hmm.. Mungkin karna:
1) males untuk melanjutkannya
2) stok benang lagi habis!..

Tapi.. Ini semua bukan “murni” aku yang membuat.. Ini dibantu oleh :
– Mamaku
-Teh Ade
-Mbak Rita (kakakku)
-Mbak Tini
-Arsyi (sepupuku)
– de el el.. Siapa lagi ya?.. Tapi kayaknya.. Banyak banget yang bantuin.. Cuman tetangga aja belum (lhaa..? mana mungkin ya?..) emang paan..

Hmm.. udah dulu yaa.. <Aku kan blum cerita tentang cara n kenapa namanya bgitu>Β Β lanjut ke.. Β (Part 2) πŸ™‚ see you!

About the author

Indah Fatmawati

Tagged with: , ,

14 responses to "Karpet Kakak (part 1)"

  1. cikalananda says:

    Karpet bagus tuuh.. boleh dong dipasarkan….

  2. merliza says:

    ke blok M nya dmn nya mbak?!?!

    • di Blok M plaza kak..
      aku agak lupa.. Itu ada 1 toko..
      Jualnya benang2 dan net itu..
      Seingat ku itu.. deket2 dengan toko gunung agung. πŸ™‚
      ohya.. Salam kenal kak πŸ˜€

      • Gemmy says:

        Nama tokonya Micky Moko, kalo gak salah ada juga di toko Hobby Craft di Alam Sutra (Tangerang). Saya sendiri kebetulan nemu di internet informasi2 ini jadi silahkan coba cek lagi πŸ™‚

  3. chintya says:

    Mbak mau nanya , nama alat nya itu apaan ya ?

    • Indah says:

      waduh mbak, maaf.. Saya juga tidak tau nama alatnya. Soalnya alat itu waktu ibu saya kerja di orang cina dulu sampai sekarang masih ada..
      tapi sekarang sepertinya ada berbagai macam alat-alatnya untuk membuat karpet enggak hanya itu saja sepertinya mbak πŸ™‚ mbak cari saja di toko yang menjual alat-alat kerejinan.. mungkin saja ada ^_^

      • Gemmy says:

        Kebetulan saya lagi cari2 karena kepingin bikin, kalo bahasa Inggrisnya alat kait itu namanya Latch Hook. Tapi alat yg Indah pake buatan Jepang (saya tinggal di Perancis & cari alat yg sama tapi memang gak ada). Kalo di Eropa & di Amerika alatnya berupa alat kait biasa (ya yg disebut Latch Hook tadi).

        • Sip sip sip.. Terima kasih sudah sharing dan informasi nyaa.. πŸ˜€ Memang, kalau kata ibu saya beliau mendapatkannya dari atasannya yang orang China. jadi sepertiny alat itu ada di cina, jepang, dan sekitarnyaa

  4. assalamualaikum,, mba bs pesan alat buat karpet dari benang wol di mba’ ?? ato apa nama alatnya kalau mau bertny di penjual ?? syukron πŸ™‚

  5. Nanda says:

    Saya juga pernah punya alat itu, tp hilang waktu pindahan….. dulu beli nya di toko 63, malioboro, jogja, harganya 65 ribu, kl ga salah th 2003
    Sayang nya waktu mau beli lagi… udah ngga jual

  6. Natasha says:

    Itu netnya ada nama lainnya kan ya ??? Namanya apa ya mbak ??

  7. Christine says:

    Mbak masih jual alatnya gak ?
    Kalau masih jual, aku mau dong.

Leave a reply

Like This Yo!