? Jadi Santri di Daarul Qur’an Bandung | Indah Islam
5:09 am - Saturday November 1, 2014

Jadi Santri di Daarul Qur’an Bandung

Tuesday, 4 December 2012, 9:31 | Our School | 2 Comments | 2885 Views
by Indah Fatmawati

Mungkin, sahabat bertaya-tanya. “Emang Indah pindah sekolah lagi?”. Eitsss.. Bukan lho! Ini Indah sedang study tour. Kalau bahasaku tuh ya, “jadi santriwati gadungan di pesantren Daarul Qur’an” Hehe.. Gini nih ceritanya.

“Pokoknya nanti minggu depan kita akan ke pesantren Daarul Qur’an. Jadi kalian siap-siap ya!”, ucap Ust. Usaid ketika itu di gedung Al-Taqwa.

Ketika mendengar itu, ada temanku yang senang dan ada juga yang kurang suka.  Tapi ketika aku mendengar itu, aku hanya bisa menyengir senang. Dalam hatiku hanya, “wah!, jadi santri di pesantren orang! Pasti seru nih”. Akhirnya ketika itu  hari Rabu, Indah dan sengenap warga boarding pergi ke Bandng.

Kami datang sudah malam sekitar pukul 11. Indah langsung disuruh untuk masuk ke kamar 203. Ketika ke sana, Indah hanya berkata dalam hati, “Walah.. kok jadi anak kost-an gini ya?”. Iya, jadi 1 ruangan isinya 4 anak santri dan ada toiletnya. Jadi berasa anak kost-an gitu deh.

Di sana kita dibangunin untuk sholat tahajjud dan kemudian sholat shubuh, vocabulary, tahfizh sampai jam 6 dan kemudian mandi siap-siap untuk sholat dhuha.. Sekolah ini dinamakan Pesantren Tahfizh. Anak-anak di Daarul Qur’an memang didorong untuk terus menghafal. Dengan harapan mereka kelak bisa menjadi hafizh/ah.

Kalau lihat anak-anak Daarul Qur’an dari gaya berpakaian mirip dengan anak boarding Al-taqwa. Indah senang banget bisa mengicipi rasanya jadi anak santri di sana. Anak-anak di sana baik juga kok. Tapi mungkin ada beberapa yang agak cuek. Yah, tergantung kita bisa bawa diri ke mana gitu.

Gedung untuk Daarul Qur’an Bandung memang belum milik sendiri. Masih menyewa dari Aa Gym alias Daarut Tauhid. Dan masih dalam komplek Daarut Tauhid. Indah di sana tidak bertemu dengan Ust. Yusuf Mansyur. Habisnya ustad Yusuf Masyur tidak datang sih. Jadi tidak bertemu deh. Indah juga bahagia banget di sana dikasih kenang-kenangan dari warga kamar 203. Terima kasih banyak ya! Kakak di kamar 203 itu baik-baik banget. Semoga kelak bisa jadi hafizhah dan bisa mendapatkan SMA yang kakak inginkan.

Di sana, kalau  guru-guru dipanggilnya Bunda. Bukan ibu ataupun Mis. Hehe, lucu yah! Indah kalau di sana, jadi ingetnya sekolah sd. Ya, Azhari Islamic School. Indah enggak tahu kenapa. Mungkin karena ini pesantren tahfizh. Pokoknya kalau yang berbau tahfizh Indah ingetnya tuh sekolah SD.

Iya, yang setiap hari harus setoran hapalan ke guru tahfizh. Harus hafalin setiap lafazd-lafazd arab itu.  Kadang di sana hanya bisa berkata, “Buat anak-anak Daarul Qur’an, jangan pernah lupain yang sudah pernah kalian hapal!”.

Harapannya, semoga kita bisa ketemu lagi ya kak! :)

Salam,
Indah Fatmawati

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , , , , , , ,

2 responses to "Jadi Santri di Daarul Qur’an Bandung"

  1. medinaayasha says:

    oh iya. ralat sedikit kak. Ust Yusuf Mansyur= Yusuf Mansur. Nggak pakai Y. Afwan. :)

  2. Sungguh kenangan yang indah… Semoga semua kita didekatkan dengan Al-Quran

Leave a reply

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas Chercanada goose pas cherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme