? Al-Kahfi | Indah Islam
12:22 am - Sunday December 21, 2014

Isi Surat AlKahfi

Wednesday, 1 May 2013, 2:51 | Agama Islam | 0 Comment | 2235 Views
by Shafira Adlina


Awal mulanya, di salah satu grup whatsapp saya ramai banyak orang-orang yang menginggatkan untuk membaca surat alkahfi. Sebagaimana kita tahu salah satu fadhilah di hari jumat yaitu membaca surat ke 18 di Al Quran ini….

al kahfi

*sumber gambar : senjaya.tumblr.com

 

Apa isi surat al kahfi? Mengapa disunnahkan membacanya setiap jumat?

Berikut adalah hasil sharing diskusi dengan anggota grup whatsapp muhajirin anshar 7 dengan bu ami.

Berikut kurang lebih penjelasannya  :

al-kahfi

Ustad Amr Khalid menjelaskan dalam bukunya khawatir Qur’aniyah

AL Kahfi, suratyang berisi 110 Ayat, mengandung 4 kisah, yakni kisah ashabul kahfi, kisah dua pemilik kebun, kisah nabi Musa dan Khidir serta kisah dzul qarnain.

Kisah yang pertama mengenai sejumlah pemuda yang beriman pada Allah SWT dan menyeru manusia agar beriman. Pemuda- pemuda ini tinggal di negeri yang dikuasai raja yang zhalim dan tidak beriman. Para pemuda menawarkan islam pada kaumnya, namun mereka menolak, menentang para pemudaini (Lihat Al Kahfi 14-15)

Dan kemudian Allah menyuruh mereka bersembunyi di gua (Al Kahfi ayat 16)

Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu. (Q.S Al Kahfi : 16)

DanAllah pun memberi mukjizat tinggal dan tertidur di gua selama 300 ditambah 9 tahun (Al Kahfi ayat 25). Mukjizat tersebut turun untuk menjaga parapemuda sehingga setelah mereka bangun mereka terbangun yang beriman.

muhajirin dan ansar

Kisah kedua mengenai pemilik kebun, kita dapat membaca di ayat 32-35. Allah memberikan karunia dua kebun anggur dikelilingi pohon-phon kurma. Dan Allah buatkan lading di antaranya dua kebun. Namun pemiliknya diperdaya oleh kekayaan, lupa untuk berlindung dan kembali pada Allah. Ia mengira kebunnya tidak dapat binasa selama-lamanya. Hartanya kemudian dibinasakan, pohon-pohonya pun roboh ( Al Kahfi ayat 42)

 

Kisah ketiga nabi Musa dan Khidhr

Terdapat di ayat 60-82

Kisahnya berawal ketika masyarakat bertanya kepada nabi Musa AS, “siapa yang paling pandai di Bumi?”

Nabi Musa mengatakan bahwa dirinya yang paling pandai. Beliau menyangka mempunyai ilmu yang mengantarnya menjadi manusia paling pandai.

Namun dari interaksi dengan Nabi Khidhr. Allah memberi pelajaran pada setiap mukmin bahwa Allah kadang menetapkan hal-hal yang terkadanag kita tidak tahun maknanya dab tidak tahu kebaikan yang ada di dalamnya.

Kisah keempat, tentang Dzulqarnain,mulai dari ayat 84.

Raja yang adil yang menebar keadilan , kebaikan dan kebenaran.    Ia mempunyai banyak perangkat materi (ilmu dan teknologi) yang mendukung kekuasaannya. Ia mengelilingi dunia dari timur ke barat untuk menebar hidayah. Hingga sampai ke suatu kaum yang hampir tidak dapat memahami ucapan.

Mereka berkata: “Hai Zulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Makjuj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” (Al Kahfi : 94)

Dzulqarnain  mengatakan bahwa imbalan dari Allah lebih baik dan meminta mereka turut proaktif untuk membangun dinding tsb. Akhirnya jadilah tembok rperkasa. Hingga kini kita mengetahui posisi Ya’juj dan Ma’juj sampai terjadinya hari yang dijanjikan yaitu kiamat.

dfghjnk

Always ada benang merah kisah-kisah di dalam al Quran. Menurut Amr Khalid, keempat kisah tersebut menggambarkan fitnah-fitnah utama yang dihadapi manusia.

1. fitnah Agama.

Dimana seserang mendapat fitnah(siksaan atau gangguan) karena teguh beragaam. Ashabul kahfi adalah contoh yang selamat dari fitnah ini/

2. fitnah kekayaan.

Hal ini yang dialami pemilik kebun yang tertipu kekayaannya sehingga kufur hari akhir

3. fitnah ilmu

Dimana seserang kagum dengan ilmunya sehingga melupakan sikap tawadhu. Nabi Musa sempat lengah, tapi kemudian tersadar sehingga beliau rela menempuh perjalanan panjang untuk belajar pada Khidhr dan bersikap tawadhu sebagaimana murid kepada gurunya.

h

4. Fitnah kekuasaan

Dimana seserang yang dikarunia kemampuan hebat dan pengaruh yang luas serta kekuasaan yang besar kadang membuat orang menjadi bangga diri dan lupa pada Allah. Dzulqarnain adalah sosok yang selamat dari fitnah ini.

Jadi, suasana umum surat Al Kahfi adalah peringatan agar kita terpelihara dari berbagai fitnah. Agar kita selalu siap siaga.

Salam surat Al-Kahfi,
Shafira

 

About the author

Shafira Adlina now matter how little the matter is, i want to become a useful person to others. i love islam, education, biotechnology, bioethics, transgenic and bioremediation. reach me @shaadl (shafira.adlina@rocketmail.com)

Tagged with: , , , , , , , , ,

Leave a reply

Terbaru!

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas CherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme