? menjadi dewasa | Indah Islam
11:58 pm - Tuesday October 21, 2014

DEWASA

Friday, 12 April 2013, 11:40 | Muslim | 0 Comment | 737 Views
by Shafira Adlina

menjadi pribadi yang dewasa

Beberapa bulan terakhir ini, Allah kembali menegur hambaNya yang lemah ini dengan lembutnya. Begitu berlumurnya kesalahan dan dosa. tetapi Allah memang selalu menyayangi hamba-hambaNya.dengan beberapa kejadian yang membuat mata ini sedikit terbuka. (kenapa matamu masih saja terpejam, apakah kau kira kau hidup untuk selamanya?)

Begitu banyak cara untuk menjadi dewasa, kadang kala prosesnya semudah membaca buku menemukan gagasan pokok dalam setiap paragraf, menyusunnya menjadi kearifan di tiap lembar halamannya. Bahkan ada yang lebih mudah, seperti bercermin. cukup melihat kejadian yang terjadi pada orang lain. Tetapi….sering kita harus menempuh jalan yang begitu panjang dan berat untuk menjadi sadar dan dewasa. kita harus melewati hutan rimba cobaan, jeramnya sungai fitnah dunia dengan sabar dan bekerja.

 

hikmah itu seperti buah. kadang kala kita harus menempuh luka untuk memetik buah,memanjatnya pohonnya untuk meraih buah hikmah, terkadang harus terjatuh dan tersungkur.

 

teringat seorang sahabat yang pernah berujar : “kedewasaan itu multitafsir, menurutku kedewasaan itu adalah saat fakultas kesadaran diri kita mampu memahami hakikat keberadaan diri yang terletak saat kita secara aktif, kreatif dan reflektif memanfaatkan masa lalu untuk perwujudan hidup kita yang baru :)

 

Allah yang Maha Pengasih, itu jelas terbukti Ia masih memberikanku kesempatan untuk bernapas, di saat yang sama terjadi sintesa-sintesa metabolit di dalam tubuh. seper sekian detik sistem syaraf mengirimkan impuls dari dan ke otak. selarasnya kinerja tubuh kita, siapa lagi kalau bukan Allah yang mengaturnya?maka nikmat Allah yang mana lagi yang kau dustakan?begitu banyak sahabat yang datang, bertambahnya teman menambah luasnya wawasan pengalaman dan cerita. banyaknya pelajaran baik dan buruk yang bisa dipetik.

 

pada dasarnya tumbuhan, tak akan pernah tersenyum jika langit tidak menangis. biarkanlah tetesan-tetesan di setiap hatimu mengalir menjadi arus semangat yang bermuara pada samudra kesabaran. dan itulah awal dari kedewasaan….

 

banyak orang bijak yang berucap ada pelangi setiap hujan.tetapi tahukah kawan, apakah setiap turunnya hujan kau selalu  melihat pelangi?sejatinya jika kau ingin melihat pelangi itu tentu kau harus berhasil melewati derasnya hujan cobaan dan ujian. jangan bersantai berdiri kebasahan, sehingga kau merugi sendiri.

 

nyatanya proses yang kualami tak sederhana yang dibayangkan dan tak serumit orang lain. sungguh diri ini pun tak ingin mencari alasan untuk mundur dari getir dan pahitnya kehidupan. begitu banyak kemudahan, hikmah yang telah Allah berikan.kali ini mungkin aku sedang tersandung terjatuh, tetapi ya Allah… aku tidak ingin terpelanting dari jalanMu…jika proses ini yang harus kulalui, berikanlah aku kekuataan dan kemudahan..permudahkanlah hamba ini dalam menerima petunjuk-petunjukMu…dan izinkanlah aku selalu dalam jalanMu….

 

dan kembali pelajaran kehidupan datang dari obrolan ringan bahwa, nak setiap sesuatu yang manis itu janganlah kau telan mentah-mentah bisa jadi itu racun. dan jangan kau buang dahulu yang pahit itu bisa jadi adalah sebuat obat penawar.

 

kembaliku berpikir…seberapa sering kau mengeluh akan kejadian menyulitkan keadaaanmu. sementara definisi sulit itu, hanya kau batasi dengan pikiran. ketika mengurai makna yang jauh lebih dalam bahwa keadaan tersebut menuai ribuan hikmah. tanpa kau sadari setelah kau lewati kejadian yang kau anggap sulit itu, kau hanya akan berucap syukur dan tersenyum simpul.

 

situasi sulit akan membawa 2 dampak… trauma dan hikmah. bagi orang-orang yang trauma jalan kisahnya tidak berlanjut lebih panjang lagi…sementara untuk mereka yang mengambil hikmahnya, insyAllah ceritannya akan masih terjaga. salah satu hikmah yang akan ada adalahmenjadi dewasa.

 

dewasa bukan hanya dalam kata, ia harus hadir dalam pikiran dan sikap, tindakan. karena dewasa adalah sadar. Hikmah.. membuat “kesengsaraan menjadi suatu energi positif. Tetapi tidak semua orang dapat mengambil hikmah dan menjadi dewasa.

 

ya begitulah perkataan orang bijak… Tumbuh menjadi tua itu pasti, tetapi dewasa itu pilihan…. semua manusia akan menjadi besar dan tua… tetapi belum tentu akan sadar dan dewasa.

 

ya Allah….Engkau yang menciptakan kami, dunia beserta seluruh isinya…. maafkan atas segala khilaf yang telah terukir….

 

-dengan segala keterbatasan dan khilaf

Salam,

shafira adlina

About the author

Shafira Adlina now matter how little the matter is, i want to become a useful person to others. i love islam, education, biotechnology, bioethics, transgenic and bioremediation. reach me @shaadl (shafira.adlina@rocketmail.com)

Tagged with: , , , ,

Leave a reply

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas Chercanada goose pas cherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme