? Cara Debat Dalam Bahasa Inggris? Let's Debate! | Indah Islam
12:15 am - Thursday July 24, 2014

Debat Dalam Bahasa Inggris? Let’s Debate!

Friday, 8 June 2012, 11:20 | Our School, Seputar Kami | 0 Comment | 3312 Views
by Indah Fatmawati

“Suatu yang salah bisa menjadi benar dan sesuatu yang benar bisa menjadi salah. Dengannya kita bisa merubah dan memutar balikkan dunia ini” (Indah Fatmawati)

Taraa! Bagus tidak kutipannya?Indah ngarang sendiri lho (hehe). Tahukan apa jawabannya? Ya, Debat! Nah, sekarang Indah hanya sedang terkejut-kejut melihat yang nampak, yang nyata, yang Indah rasakan saat ini. Pengalaman yang takkan terlupakan. Dulu sih, Indah juga pernah berdebat. Tapi bukan dalam bahasa Inggris dan hanya sekedar saja. Tapi ini pengalaman Indah yang pertama dan untuk pertama kalinya Indah belajar berdebat dalam bahasa Inggris.

Oke, awalnya Indha menolak untuk berdebat. Dulu pun, Nabi tak menyuruh kita untuk berdebat. Dan nabi pun juga menganjurkan menjauhkan perdebatan. Karena banyak mudhorot di dalamnya. Bisa kita lihat saat ulama-ulama diajak berdebat tetang ilmunya. Tapi apa yang mereka lakukan? Mereka diam. Dan hanya menunjukkan saja. Soalnya kenapa? Ya, karena banyak sekali hal-hal yang kurang baik di dalamnya.

Sampai sekarang, Indah juga masih. Ya, dalam artian “kurang suka” dengan debat apalagi menggunakan bahasa Inggris. Wah, tantangan buat Indah. Indah sekarang mau berbagi pengalaman dan langkah-langkah untuk berdebat. Tapi InsyaAllah, debatnya juga enggak sampai menimbulkan pertengkaran antara sesama.

Sebelumnya, satu lagi. Indah lakukan debat ini di sekolah Indah. Ya, Al-Taqwa College Indonesia yang tepatnya di Sentul Jl.Raya Hambalang.

Waktu itu, pelajaran SOSE (read:IPS) Kami anak kelas 7 sedang belajar tentang ekonomi. Bukan ekonomi Indonesia. Tapi ekonomi dunia! Ms. Muslimah mneyuruh kami (murid-murid) untuk berdebat tentang ekonomi. topiknya adalah “This House Would Subsidise Poor Communities”

Tapi kebetulan Indah kebagian yang negatifnya. Apa maksudnya? Ya, temanya menjadi “This House Would NOT Subsides Poor Communities” Indah kelompok ber-kelima. Indah, Pristina, Kyla, Putri, dan Zahra. Awalnya itu Indah jadi speaker ke-tiga. Eh ujuk-ujuk Indah disuruh jadi reply speaker alias speaker yang kelima. Oke, Indah sekarang akan beri tahu tehnik-tehniknya dalam debat. Walaupun agak setengah-setengah. Soalnya ini juga masih belajar. Hehe

Biasanya dalam debat ada 5 orang. Melawan 5 orang/ 1 group lain yang pro ataupun kontra dengan pendapat kita. Nah, dari lima orang tersebut kita dibagi-bagi lagi. Ada speaker 1 itu dia pindato di depan selama 3 menit. Tugasnya adalah menjelaskan kenapa. Kemudian speaker kedua tugasnya memberikan dalil-dalil ataupun bukti-bukti. Kemudian speaker ketiga memberikan contoh yang berdampak pada masyarakat. Kemudian yang speaker keempat tugasnya memberikan fakta-fakta gitu deh. Semuanya mendapatkan waktu 3 menit.

Nah, 4 speaker ini akan berpidato selama 3 menit. Kemudian grup yang lawannya boleh mengajukan “interupsi” itu dalam menit yang kesatu berakhir.Setelah judge sudah mengetuk palu yang menandakan 1 menit telah berlalu Kelompok lawannya dapat interupsi. Kalau bahasa Inggrisnya itu “POI atau POA” gitu. Pokoknya lawannya boleh ber-interupsi dengan mengatakan “pi o ai” Ya, itulah pokoknya interupsi dalam berbahasa Inggris :D  Hehe. Kalau orang yang sedang berpidato itu tidak ingin. Bisa mengatakan “No, Thanks” secara lembut. Lalu kalau maumenanggapi bisa mengatakan “Yes, Mr/Ms?”

Tapi itu untuk speaker yang 1, 2, 3, dan 4. Lalu reply speaker yang kelima tugasnya lebih gampang. Tapi harus bisa mempercayakan judgenya. Speaker ini gak bisa di “pi-o-ai”. Tai waktu Indah jadi reply speaker yang kelima rasanya takut banget. Kenapa? Ya iylah masa dikasih waktu ngomong di depan hanya diberi waktu 2 menit! Kan buat gak tenang diri Indah.

Ya sudah, waktu Indah maju kedepan muda Indah meringis gak karuan. Terus langsung deh buka  ”Assalamua’laikum warahmatuallahi wabakaratuh” dengan cepat-cepat. Waktu Indah mengucapkan salam mereka menjawab kemudian tertawa. Soalnya Indah cepet banget salamnya.Terus Indah langsung aja pada topik,

“I.. As a reply spearker that this house believe would NOT  Subsides  poor communities!”, Lagi-lagi Indah ngomong dengan cepat dengan jeda pada bagian I dan NOT. Lagi-lagi orang-orang yang melihatku tersenyum dan meringis. Indah makin panik. Ya Iyalah, Di hadapan  Indah lansung ke topik .

“As we know. Indonesia as a country that borrowing money from other country. If Indonesia want to subsides poor communities how much money that Indonesia borrow from other county? Do you want Indonesia that country that know always borrow from another country? So, what’s the beneft of Dompet Dhuafa and Amil Zakat? If They are already support why we must add some? “, Ya Indah bisalng itu dengan cepat-cepat lagi. Lagipula bisa gak kelihatan gitu salah pengucapan. Jadi Indah akan translate apa yang Indah ucapkan ini.

“Seperti kita tahu. Indonesia adalah negara yang meminjam uang dari negara lain. Kalau negara Indonesia mau memberikan subsidi kepada kalangan orang miskin. Berapa banyak uang yang akan Indonesia pinjam dari negara lain? Apakah Indonesia mau dicap/ diketahui sebagai negara yang selalu memimjam uang dari negara lain? Lalu apa gunanya dompet dhuafa dan amil zakat? Kalau mereka sudah mendukung kenapa hars kita tambahkan lagi? ”

Pokoknya Indah ingat banget terakhirnya yang paling rame. “I wish Indonesia can be a successful country”, Indah ucapkan itu sebagai pemanis penutupan yang paling manis! Hehe.  semuanya tersenyum dan berkata “aamiin”. “That’s all from me, thank you for your attention. Wassalamua’laikum warahmatuallahi wabarakatuh”. Lagi-lagi Indah menutupnya dengan cepat-cepat. Semuanya tertawa dan meringis kemudian bertepuk tangan setelah Indah kembali ke tempat duduk yang semula. Semuanya bertepuk dan menyengirdan kamera handycame itu dimatikan oleh Ms. Muslimah!”Hahaha.. Indah heboh heboh”, Ms. Muslimah berkata padaku. Tapi Indah jadi ikutan tertawa.

Suasana kelas menjadi rame. Tapi yang tak disangka ini debat pertama Indah di Al-Taqwa. Tapi jadinya Nice juga lho! Hehe. Lumayan lah buat pemula. Jadi bahan ketawa :D Wkwkwk. Tapi tetap aja, Indah enggak begitu suka. Sama yang namanya debat. Apalagi kalau bukan  dibidangnya. SubhanaAllah! pasti ribet. Tapi Indah merasa  senang bisa debat di sekolah Al-Taqwa :D bersama dengan teman-teman.

Oh iya, lagipula yang Rasul anjurkan adalah dakwah ketimbang debat sahabatku. Debat boleh, asalkan tidak memberikan kesan yang bermusuhan. :) Oke?
Nah, mungkin banyakkan perlombaan deat bahasa Inggris? Semoga dengan yang Indah tulis bisa bermanfaat buat sahabat! :D

Keep Semangat!
Indah Fatmawati

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , , , ,

Leave a reply

Like This Yo!

Links:abercrombie soldeslouboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin Femmelouboutin pas cherLongchamp Pas Chercheap beats by dreGiuseppe Zanotti HommeCheap Beats by Dre