? Daftar Nama Nama Malaikat Allah | Indah Islam
4:29 am - Saturday November 1, 2014

Daftar Nama Nama Malaikat Allah

Saturday, 26 May 2012, 13:34 | Artikel Islam | 0 Comment | 12922 Views
by Indah Fatmawati

Tahukan Malaikat? Masa sih sahabat gak tahu? Ya, dia adalah mahluk ciptaan-Nya dari cahaya dan bersifat ghaib. Ya, maksudnya tidak dapat dilihat atau dijangkau oleh pancaindra manusia. Beda dengan manusia, tumbuhan, dan hewan yang bersifat as-syahadah, yaitu nyata dan dapat dijangkau oleh pancaindera manusia.

Nah, percaya gak sih sahabat? Malaikat terbuat dari cahaya?  Kita bisa lihat buktinya dari hadits yang dibawa oleh Rasul Saw.

“Malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua” (HR. Muslim)

Dan kapan malaikat itu diciptakan? Hmm, ini masih rahasia Allah. Dan Allah tak memberitahukan. Tapi yang pastinya kita bisa lihat dari ayat al-qur’an. Dalam surat Al-Baqarah ayat 30:

“Ingatlah ketika Tuhammu berfirman kepada para Malaikat : “Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang khalifah di muka bumi..” (Al-Baqarah:30)

Kita bisa simpulkan bahwa lebih dahulu malaikat dicipatakan daripada manusia. Kemudian, malaikat ini tidak mempunyai hawa nafsu. Diberi akal tapi tidak pada hawa nafsunya. Jika Allah memberikan perintah sujud. Maka sujudlah malaikat itu. Tidak seperti iblis yang angkuh dan somse! Sombong sekali.

Kita kembali kepada inti point postingan ini. Yaitu nama-nama malaikat. Sebenarnya jumlah malaikat itu banyak. Tidak bisa diperkirakan berapa banyaknya. Sesama mereka juga mempunyai perbedaan dan tingkatannya. Di sini, Indah akan uraikan:

1. Malaikat Jibril 

Malaikat jibril ini tugasnya untuk menyampaikan wahyu. Kita bisa lihat buktinya di Al-Baqarah ayat 97:

“Katakanlah: barangsiapa yang menjadi musuh jibril, maka Jibril itu telah menurunkan Al-qur’an ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya menjadi petunjuk serta berita bagi orang-orang yang beriman” (Q.S 2:97)

Lalu kalau tugasnya sudah selesai, ia bekerja apa? Ohh, itu urasan Allah dengan malaikat-Nya :D

2. Malaikat Mikail

Berhubungan pada pengaturan alam dan lingkungan. Contohnya, menurunkan hujan, melepaskan angin, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, menurunkan salju dan masih banyak lagi. BIsa dilihat dari surat Al-Baqarah ayat 98 yang berbunyi :

“Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Jibril dan Mikail, maka seungguhnya Allah adalah musuh-musuh orang kafir” (Al-Baqarah ayat 98)

3. Malaikat Israfil

Tahukan? Malaikat yang meniup terompet sangkakala pada hari dimana pasti kamu akan dibangkitkan. Meniup sangkakala hingga 3x. Dan Al-Qur’an menyebutkan :

“Dan, Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan:”Jadilah maka jadilah”, dan di tangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala (terompet) sitiup. DIa mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” (Al-An’am ayat 73)

4. Malaikat Maut

Tahu dong malakaikat ini. Dari namanya sudah terlihat jelas apa tugasnya. Tugasnya adalah mencabut nyawa dari setiap manusia.

“Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawa akan mematikanmu; kemudian hanya kepada tuhammu kamu dikembalikan (As: Sajadah ayat 11)

5. Malaikat Raqib dan Atid 

Malaikat ini selalu mengikuti kita di mana pun dan kapan pun. Mereka berada di sebelah kanan dan kiri. Raqib di kanan dan Atid di kiri. Mereka menulis perbuatan/amal manusia yang baik (Raqib) dan amalan manusia yang buruk (Atid)

6. Malaikat Munkar Nakir

Tugasnya adalah menanyai di dalam kubur siapa Tuhannya. Apa agamanya, siapa Nabinya. Munkar Nakir juga bertugas menyiksa orang yang tak bisa menjawab pertanyaannya dengan benar!

7. Malaikat Ridwan

Malaikat ini paling Indah sering sebut. Kenapa? Soalnya ini nama Kakaknya Indah. Hoho, Tugasnya malaikat Ridwan adalah menjaga pintu sorga. Malaikat ini memberikan salam dan pelayanan yang baik bagi manusia yang masuk ke dalam surga. :)

8. Malaikat Malik

Tugasnya, menjaga neraka. Memimpin malaikat menyiksa para penghuni neraka. Mukanya sangat seram untuk para penghuninya.

9. Malaikat yang Betugas Memikul Arsy’

Dapat kita lihat dalam ayat ini :

“Malaikat-Malaikat yang memikul arsy’ dan malaikat-malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya.. (Al-Mukmin ayat 7)

10. Malaikat yang bertugas mendo’akan orang-orang yang beriman supaya diampuni oleh Allah segala dosa-dosanya, diberi ganjaran sorga dan dijaga dari segala keburukan dan do’a-do’a lain.

“Sesungguhnya, Allah memberikan rahmat-Nya, dan para Malaikat dan para penghuni langit dan bumi (memohon rahmat Allah) untuk orang yang mengajarkan kebaikan.”(HR Tirmidzi)

11. Malaikat yang bertugas menggerakkan hati manusia untuk berbuat kebaikan dan kebenaran

Mungkin itu 11 Malaikat dan tugasnya. Enggak semua yang Indah tulis sih. Indah juga mengutipnya dari buku yang Indah baca. Malaikat juga banyak dan enggak Allah sebutkan semua. Oh iya, Indah ingat manusia itu ternyata lebih mulia daripada malaikat. Tapi, jika manusia bertaqwa dan beriman pada Allah. Ya, semoga bisa bermanfaat ya! ^_^

salam ukhuwah
Indah Fatmawati

 

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , ,

Leave a reply

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas Chercanada goose pas cherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme