Artikel Islam | Indah Islam Category - Part 11
2:31 am - Saturday February 6, 2016

Archive for the ‘Artikel Islam’ Category

Pohon Gharqad

Sunday, 29 April 2012, 12:39 | Artikel Islam, Hukum Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Saat itu hari Jum'at. Indah hanya duduk di karpet berwarna merah. Ya, apalagi kalau bukan karpet perpustakaan. Indah bukan mencari buku yang berbahasa Inggris (Dasar si Indah!) Indah mencari buku islami yang berbahasa Indonesia.. :D (Hehe..Nyengir!) Udah deh. Jangan bahas yang itunya. Indah mau bahas tentang satu pohon. Mungkin banyak sahabat yang berlum tahu. Tapi sejujurnya, pohon ini sudah pernah diberitahukan oleh Nabi kita, Nabi Muhammad sejak dulu kala.. Sejak 15 abada. Bahkan mungkin...

Read More »

Indah.. Dulu di Pesantren Ya..?

Sunday, 29 April 2012, 12:20 | Artikel Islam | 2 Comments
by Indah Fatmawati

"Dulu.. Indah sekolah di pesantren yaa.?" "Mungkin SD mu pesantren ya dek..?" "Indah dulu mondok yah..? "Saya kira.. Dulu kamu sekolah di pesantren.."  Pertanyaan itu bagiku sering sekali dijumpai oleh saya. Pertanyaan semacam itu sering sekali. Entah siapa yang bertanya. Aih, entahlah.. Aku sering dipandang seperti itu oleh orang-orang sekitar ku. Terlebih lagi pada seseorang yang baru kenal diriku. Nah, sahabat Indah mau cerita nih.. Indah punya pengalaman yang menurut Indah "unik" buat...

Read More »

Bagaimana Mencintai Allah?

Sunday, 15 April 2012, 10:54 | Artikel Islam, Muslim | 1 Comment
by Indah Fatmawati

Sentul,  12 April 2012 Aku masih membaca buku yang kupinjam dari perpustakaan. Karena Indah belum sempat selesai untuk membacanya. Indah pun memutuskan untuk memperpanjang kontrak meminjam buku di perpustakaan Al-Taqwa. Setelah itu, Indah ke Mushollah.. Tentunya dengan membawa buku catatan Indah. Dengan izin Allah..Indah akan coba untuk menuliskannya untuk sahabat semua. Bagaimana cara kita untuk bisa mencintai Allah? Melakukan sesuatu karena Allah.. Mencintai sesuatu karena Allah.....

Read More »

Indonesia Harus Tiru Negara Cina

Sunday, 8 April 2012, 16:01 | Artikel Islam, Hukum Islam | 3 Comments
by Indah Fatmawati

Indah bukan politikus, Indah bukan wartawan, Indah bukan penulis yang terkenal, Indah juga bukan reporter, apalagi seseorang yang selalu bertanya-tanya berita apa yang kabar dunia sekarang? Bukan kok! Itu bukan Indah.. Indah cuma manusia biasa aja. Indah teringat saja sama khotbah di mesjid al-azhar saat ied fitri. Dan seperti biasa ibuku selalu menjari buku ringkasan tentang isi khotbah sang khotib. "Ini Indah baca deh..", ucap ibuku. "Ini orang Cina yang bukan orang muslim saja... Bisa...

Read More »

Sholat Jum’at? Friday I’m in Love..!

Sunday, 8 April 2012, 9:33 | Artikel Islam, Hukum Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Sentul,  6 April 2012 Hanya teringat dengan catatan kecil yang pernah Indah baca. Hanya teringat sama satu hadits yang berbunyi seperti ini: "Sebaik-baik hari adalah hari Jum'at, pada hari itulah diciptakan Nabi Adam, dan pada hari itu dia diturunkan ke bumi, pada hari itu pula diterima taubatnya, pada hari itu pula beliau diwafatkan, dan pada hari itu pula terjadi Kiamat. Pada hari itu ada saat yang kalau seorang muslim menemuinya kemudian shalat dan memohon segala keperluannya kepada...

Read More »

Pesan yang Tak Terlupakan Dari Guru Azhari Islamic School

Friday, 6 April 2012, 18:46 | Artikel Islam, Our School, Pendidikan Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Saat aku sedang duduk. Dan dihapanku adalah meja belajar boarding yang sementara ini adalah milik saya. Tiba-tiba terselip satu buku, Buku itu tak tebal. Tipis tapi lumayan besar. Aku langsung ambil buku itu... Kebetulan Indah sedang dalam waktu 'free' maksudnya adalah, Indah sedang tidak ada PR. Aku buka lembar demi lembar. Tak terasa tiba-tiba mataku menampung sesuatu. Ternyata, aku tak dapat membendung  itu. Akhirnya Indah menangis, (Halahh! Cengeng..!) SubnaAllah.. Ternyata buku itu...

Read More »

BBM Naik?!?

Saturday, 31 March 2012, 14:11 | Artikel Islam | 1 Comment
by Indah Fatmawati

Sentul, 29 Maret 2012 Miris hati rasanya, melihat semua media telekomunikasi serta komunikasi selalu kompak! Berita yang diberikan selalu satu tema, selalu satu judul. Bahkan, jika Indah melihat satu majalah pun isinya tetap satu tema. Semuanya seragam dan tak beraneka macam. Apa itu? Apakah semua itu? BBM. Hmm, yakin tidak BBM akan naik?  Menurutmu? Sebenarnya, rasanya tidak pantas buat Indah bahas hal seperti ini. Tapi.... Apa salahnya seorang anak kecil membicarakan ini? Toh, Indah tetap...

Read More »

Anggap Saja Ini Sholat Terakhirmu

Saturday, 24 March 2012, 1:23 | Agama Islam, Artikel Islam, Hukum Islam, Muslim | 8 Comments
by Indah Fatmawati

"Anggap saja ini sholat terakhirmu", ucap salah seorang guru SD-ku. Aku yang mendengarkannya hanya tertegun. Dan memulai sholat zhuhur berjamaah di sekolah SD. Sahabat..! Apa kabar? Alhamdulillah kita ketemu lagi di minggu ke-tiga bulan Maret 2012. Indah hanya teringat sama masa lalu. Minggu ke-tiga ini Indah nostalgia sendir.. Ingat sama keluarga di SD sama keluarga di SMPN. Sahabat tahu? Apa yang akan Indah tulis kali ini? Mungkin belum tahu. Tapi tulisan ini adalah pengalaman Indah yang...

Read More »

Sungguh, Tak Ada Paksaan Bagimu

Sunday, 18 March 2012, 15:01 | Artikel Islam, Hukum Islam | 4 Comments
by Indah Fatmawati

Jakarta,  April-Mei 2011 "Tidak ada paksaan untuk (masuk) agama (Islam); Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thagut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus" (QS. Al-Baqarah [2] : 256) Tulisan ini Indah ambil dari pengalaman yang Indah alami saat Indah masih duduk di kelas 6 SD. Rasanya, usia Indah masih terlalu kecil untuk...

Read More »

Menjadi Seorang Hafizh

Saturday, 10 March 2012, 15:25 | Artikel Islam, Muslim, Pendidikan Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Sentul,  5 Maret 2012 Pagi hari... Kubangun pagi, sholat subuh, mandi, kemudian ke sekolah.. Hmm, capek! Tapi namanya juga hidup. "Kalau tak mau capek, tak usahlah kau hidup" aku masih ingat ucapan ibuku saat itu. Saat pelajaran pertama. Ya, Islamic Studies alias agama islam. Hari ini kami ke chapter selanjutnya. Senang rasanya, bisa bahas topik baru bersama Mr. Ari Kami membahas tentang hafizh. "Becoming a Hafizh" --> "Menjadi Hafizh" Maaf ya sahabat. Indah akan tulis dengan 2 bahasa....

Read More »

Page 11 of 16 1 8 9 10 11 12 13 14 16

Like This Yo!