Artikel Islam | Indah Islam Category
8:38 pm - Tuesday June 27, 2017

Archive for the ‘Artikel Islam’ Category

#Catatan Pelajar SMA: Ada yang Harus Direvisi

Thursday, 29 December 2016, 11:20 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Sudah lama tidak membuat jari jemari ini untuk menari di atas papan keyboard leptop. Banyak hal yang telah terjadi di bulan Desember ini. Layaknya ini, seorang siswi pelajar yang berada di tingkat akhir bangku SMA. Seperti sudah menjadi tradisi, anak SMA selalu ditanya tentang studi lanjutannya. Bahkan fenomena-fenomena yang aku anggap “menyedihkan” tentang bagaimana para pelajar sekarang ini dimotivasi untuk belajar yang giat dengan kata-kata yang menyihir yang kurang lebih seperti...

Read More »

Menulislah, Karena….

Wednesday, 23 November 2016, 7:52 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Ada banyak hal yang tak bisa disampaikan lewat ucapan kata-kata. Tapi Allah ciptakan dua tangan manusia untuk bisa menyampakainya dengan tulisan ataupun dengan seni yang lain. Kau tahu sobatku? Menulis mungkin menjadi caraku untuk meyampaikan apa yang sebenarnya suara hati ingin sampaikan ketika lisan terasa kelu untuk bercerita. Tulisan ini sengaja aku tuliskan, harapannya agar yang membaca tidak hanya berhasil membaca hingga titik akhir tulisan ini tapi juga mau merangkai kata hingga...

Read More »

Kenapa Harus Marah?

Thursday, 8 September 2016, 14:08 | Artikel Islam | 2 Comments
by Indah Fatmawati

Dimarahi, entah siapa yang memarahi dan apapun persoalannya. Siapa yang suka? Harus menjadi seorang pendengar dari ocehan orang yang sedang marah itu, bahkan rasanya kita adalah orang yang paling salah di hadapannya. Hh, sekali lagi, siapa yang senang dimarahi? Bahkan anak kecil pun, akan berkata ia benci dengan orang tuanya ketika marah. Atau mungkin ia akan mengeluh tentang kakaknya.. "Abang orangnya galak, serem, aku gak berani" Sejak kecil, mungkin saya tergolong sebagai orang yang...

Read More »

Setiap Kisahnya, Mengesankan…

Thursday, 1 September 2016, 14:20 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Setiap kisahnya, mengesankan hati saya. Ya, saya akui itu. Kisahnya, ceritanya, ucapannya, begitu mengesankan hati saya. Membuat hati saya kembali semangat dan membuka mata saya lebar-lebar tentang indahnya pendidikan, tarbiyah dari seorang wanita. Ya, mari saya perkenalkan, mereka adalah ayah dan ibu dari Ustadz Salim bin Yahya Qibas. Setiap cerita yang terucap dari lisan ustadz Salim tentang bagaimana ayah dan ibunya mendidiknya membuat saya terkesan. Bahkan, mengajarkan saya tentang...

Read More »

Oleh-Oleh Bertemu Sanak Famili : Udah Mau Kuliah ya?

Wednesday, 20 July 2016, 5:53 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

"Mah, idul fitri itu.. Tanggal 6 Juni kan?" "Iya Ndah.. Tapi, kalau di Indonesia kayaknya sampai akhir Juni juga masih ada tuh, acara silaturahim Halal bi Halal" Ahahaha.. Entah ya, tapi keluarga besarku memang besar dan erat kaitannya dengan acara silaturahim halal bi halal. Bahkan panitia sudah dibentuk dari tahun lalu, silsilah keluarga terpampang jelas di acara halal bi halal. Bahkan kita seperti menghadiri pameran karena perlu name-tag untuk dituliskan kluwongso. Duhh, maklum.....

Read More »

Apa Bedanya Nabi dan Rasul?

Monday, 27 June 2016, 21:59 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Siapa yang gak tahu bedanya Rasul ama Nabi? Jreng! Banyak siswa-siswi yang menganggap kalau bedanya nabi dan Rasul tuh gini (termasuk saya. Hahaha.. *Abis kalau ujian, dapet checklist bener) Nabi: Mendapatkan wahyu tapi untuk dirinya sendiri dan keluarganya dan tidak wajib disebarkan kepada umatnya Rasul: Mendapat wahyu untuk dirinya, keluarganya dan wajib disebarkan kepada umatnya. Hayo.. Siapa yang enggak tau? Biasanya, ini tuh sering keluar di ujian PAI lho, alias...

Read More »

Fenomena Tukar Kado

Sunday, 26 June 2016, 21:44 | Artikel Islam | 1 Comment
by Indah Fatmawati

Fenomena tukar kado. Siapa sih yang enggak kenal? Hayo ngaku siapa yang enggak lazim sama yang namanya "tukar kado". Fenomena ini sering sekali kita dapati. Apalagi di acara-acara sekolah. Bahkan sejak SD pun, Indah sudah diajarkan untuk membawa kado untuk ditukarkan kepada teman. Dengan dalih, guruku bilang.. Kalau kita itu perlu saling memberikan hadiah agar terwujud kasih sayang kepada teman satu sama lainnya dalam satu kelas. Rasulullah  pernah bersabda: تَهَادُوْا...

Read More »

Bukan untuk Menjadi Percaya Diri

Wednesday, 13 April 2016, 13:57 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Seperti biasanya, ketika bel istirahat berbunyi sebagai tanda istirahat untuk sholat dan makan nasi, bukan makan siang. Karena kita enggak bisa makan siang, ya kan? Indah berjalan untuk pergi ke gedung satu Al-Taqwa. Bersama Zahra, yang sering Indah panggil Zee.  Sembari berjalan tiba-tiba "Indah hebat ya.. Bisa semuanya" Mendengar itu, Indah sontak langsung bingung dan menjawabnya, "Hebat apaan sih Zee.. Aku juga enggak bisa semuanya dan enggak bisa kayak kamu" (Percaya atau tidak,...

Read More »

Islam Tidak Mengekang Kebebasan

Wednesday, 22 July 2015, 6:15 | Artikel Islam | 0 Comment
by Ridho Musfa Tukmala Hasanah

Sebagian remaja menganggap berpegang teguh dengan agama islam hanya akan menumpulkan potensi mereka. Akibatnya mereka lari dari kemuliaan agama ini dengan pikiran yang menjalar di otak mereka tentang kekunoan agama islam dan keterbelakangannya. Menurut mereka agama islam hanya akan menghambat mereka untuk maju dan berkembang. Solusi masalah ini adalah membuka tempurung yang menutupi otak remaja. Mereka harus melihat dengan ilmu hakikat agama islam. Penggambaran buruk tentang islam di...

Read More »

Baju Tanda Tangan

Saturday, 23 August 2014, 22:10 | Artikel Islam | 0 Comment
by Indah Fatmawati

Seorang gadis kecil yang masih polos duduk bersama ibunya di ruang keluarga. Menikmati sofa empuk dan menonton tayangan berita di televisi. Usai headline berita itu selesai, bergantilah tayangan di televisi itu. Enetah kemudian diganti stasiun televisinya atau dimatikan televisinya. Entahlah, kisah ini tidak menceritakan detail tentang hal itu. Tapi gadis kecil itu bertanya kepada ibunya setelah menonton berita di televisi itu. "Mah, kok kakak-kakak yang lulus dari sekolah itu (yang ada di...

Read More »

Page 1 of 2 1 2

Like This Yo!