? Berikan Saudara Kita Udzur Yuk! | Indah Islam
3:13 pm - Tuesday December 16, 6510

Berikan Saudara Kita Udzur Yuk!

Sunday, 15 January 2017, 22:15 | Muslim | 0 Comment | 599 Views
by Indah Fatmawati

bekerja

Pagi ini sedikit sharing sebelum siap-siap untuk berangkat ke sekolah. Hihi, sudah lama tak menyapa yang berkunjung ke sini dengan postingan-postingan baru. Hehe maafkeun ya, Indah lagi yah begitulah. Begitu juga dengan website ini yang sudah aktif kembali! Setelah enggak aktif lagi karena belum bayar hostingnya. Alhamdulillah dikasih hadiah lagi sama kakak yang mau langsung bayarin (padahal gak enak bilangnya, coba aja web ini gratis. Hehe) padahal lagi sibuk rapat waktu itu. *Sedikit intermezo*

Nah untuk mengawali hari Senin ini biar kita bisa menjaga emosi dengan jiwa tenang dan lapang bisa dengan ini nih:

Memberikan Saudara kita UDZUR 

Hiaa.. Apa tuh udzur? Mungkin bahasa ini cocok buat gampang dipahami: Udzur adalah dispensasi terhadap suatu keliruan

Ihh, ngapain sih harus ngasih dispensasi buat saudara kita sendiri? Eits, sebagai mukmin gak seharusnya kan kita bersu’uzhon, menduga-duga hal yang buruk kepada saudara kita sendiri? Siapa sih yang mau dipandang negatif oleh lain? Tentunya semua mau dipandang baik di mata manusia dan Tuhannya.

Contohnya.. Ada yang telat ketika janjian sama kita. Mungkin kita akan menduga-duga hal yang buruk dalam hati. “Ihh itu orang ya, dibilang suruh tepat waktu selalu ngaret” atau “Padahalkan dia yang nyuruh gue gak dateng telat. Malah dia yang telat” atau “Payah banget sih, masa untuk hal tepat waktu aja gak bisa” atau “Gimana sih, masa acara kayak gini masih aja telat?”

Wallahi.. Sejak kapan kita berprofesi sebagai seorang hakim yang tidak bijak dalam menghakimi seseorang tanpa tahu alasannya? Coba deh, beri udzur saudaramu itu.. Kita kan gak tahu yang sebenarnya terjadi pada dirinya, terlebih ketika saudaramu itu tidak menceritakan keluh kesah susahnya dirinya. Mungkin saudaramu itu telat karena harus merawat ibunya yang sedang sakit, atau menolong orang di tengah jalan, atau ia harus melakukan kewajibannya sebelum pergi.

Coba deh, beri saudaramu udzur.. Kau tahu? dengan memberikan saudaramu udzur itu akan membuat hati tenang dan damai. Yuk sama-sama belajar. Mungkin ada hal-hal yang tidak kita ketahui tentang saudara kita. Jangan buru-buru jadi hakim ya! 🙂

Ja’far bin Muhammad rahimahullah berkata, “Apabila sampai kepadamu dari saudaramu sesuatu yang kamu ingkari, maka berilah ia sebuah udzur sampai 70 udzur. Bila kamu tidak mendapatkan udzur, maka katakanlah, “Barangkali ia mempunyai udzur yang aku tidak ketahui.”
(HR Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman no 8344).

Abdullah bin Muhammad bin Munazil berkata, “Mukmin adalah yang selalu memberi udzur kepada saudaranya, sedangkan munafiq adalah yang selalu mencari kesalahan saudaranya.”
(HR Abu Abrirrahman As Sulami dalam adab ash shuhbah).

Umar bin al Khathab berkata: “Janganlah kamu berburuk sangka dari kata-kata yang tidak baik yang keluar dari mulut saudaramu, sementara kamu masih bisa menemukan makna lain yang baik..”

Salam Manis buat pagi ini,
Indah F 🙂

About the author

Indah Fatmawati

Leave a reply

Like This Yo!