? Hey! Ada Apa Dengan Jilbab Model Punuk Unta | Indah Islam
11:56 am - Friday October 24, 2014

Ada Apa Dengan Jilbab Punuk Unta?

Friday, 29 June 2012, 11:48 | Hukum Islam | 26 Comments | 27923 Views
by Indah Fatmawati

Ada yang mengerti dengan kosa kata yang Indah tampilkan pada judul? Awalnya Indah juga enggak mengerti apa-apa tentang ini sebenarnya. Tapi selidik menyelidik, Indah temukan apa maksud dari jilbab punuk unta! Haha. Hus, lanjut ke topik! Ini tentang model jilbab. SubhanaAllah, ternyata aja jua model jilbab punuk unta. Mau coba gak? Tapi kalau sahabat muslimah coba akan mengundang murka Allah. Saya rekomendasikan kepada para dokter (eh, salah. Ini bukan iklan pasta gigi deng). Hehe, Indah rekomendasikan kepada sahabat yang memakai atau belum pernah memakai model jilbab punuk unta ini. Harap jangan untuk memakai model jilbab ini! Indah katakan ini, BERBAHAYA! Sebelumnya, Indah perlihatkan model jilbab punuk unta ini:

Pernah lihatkan muslimah yang memakai jilbab seperti itu? Mirip apa? Jelas banget itu gambarannya! Mirip punuknya unta? Malah sampai ada yang lebih tinggi lagi punuk unta di jilbab seorang muslimah lho. Padahal, bersangkutan dengan yang Indah tuliskan tadi, itu BERBAHAYA. Sahabat bisa lihat di hadits ini:

Disebutkan Oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam Dalam Hadits Shahih Riwayat Imam Muslim dan Lainnya bahwa mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan Mencium Bau Wangi Surga, Padahal Bau Wangi Surga Bisa Dicium Dari Jarak yang sangat jauh.

Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda:

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya,

1. Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia [maksudnya penguasa yang dzalim],

2. dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu [jarak jauh sekali]”.

(HR. Muslim).

Yang Indah kasih garis tebal itu memiliki penafsiran bahwa itu maksudnya adalah  yang menyisir rambutnya dengan gaya condong ke atas. Ia berkata: yaitu dengan memilin rambut dan mengikatnya ke atas kemudian menyatukannya di tengah-tengah kepala sehingga menjadi seperti punuk-punuk unta.

Lalu ia berkata: ini menunjukkan bahwa maksud perumpamaan dengan punuk-punuk unta adalah karena tingginya rambut di atas kepala mereka, dengan dikumpulkannya rambut di atas kepala kemudian dipilin sehingga rambut itu berlenggak-lenggok ke kiri dan ke kanan kepala.

Indah juga ada ni. Silakan dibaca:

Fatwa dari Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah:

Pertanyaannya seperti ini :
Apa hukum seorang wanita mengumpulkan (menggelung/sanggul) rambutnya di atas lehernya dan di belakang kepalanya yang membentuk benjolan sehingga ketika wanita itu memakai hijab, terlihat bentuk rambutnya dari belakang jilbabnya?

Jawaban :
Ini adalah kesalahan yang terjadi pada banyak wanita yang memakai jilbab, dimana mereka mengumpulkan rambut-rambut mereka di belakang kepala mereka sehingga menonjol dari belakang kepalanya walaupun mereka memakai jilbab di atasnya. Sesungguhnya hal ini menyelisihi syarat hijab yang telah kukumpulkan dalam kitabku “Hijab al-Mar’ah al-Muslimah minal Kitab was Sunnah”.

Dan diantara syarat-syarat tersebut adalah pakaian mereka tidak membentuk bagian tubuh atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut, oleh karena itu tidak boleh bagi seorang wanita menggelung rambutnya dibelakang kepalanya atau disampingnya yang akan menonjol seperti itu, sehingga tampaklah bagi penglihatan orang walaupun tanpa sengaja bahwa itu adalah rambut yang lebat atau pendek. Maka wajib untuk mengurainya dan tidak menumpuknya.

Sumber : “Silsilatul Huda wan Nur“.

Okeh, Indah ulang tentang penafsiran hadits tadi:

Maksud dari hadits “kepala mereka seperti punuk onta”, adalah wanita yang menguncir atau menggulung rambutnya sehingga tampak sebuah benjolan di bagian belakang kepala dan tampak dari balik hijabnya .
Ancaman yang sangat keras bagi setiap wanita yang keluar rumah menonjolkan rambut yang tersembunyi di balik hijabnnya dengan ancaman tidak dapat mencium bau wangi surga, padahal bau wangi surga bisa dicium dari jarak yang sangat jauh.
Apabila telah ada ketetapan dari Allah baik berupa perintah atau pun larangan, maka seorang mukmin tidak perlu berpikir-pikir lagi atau mencari alternatif yang lain. Terima dengan sepenuh hati terhadap apa yang ditetapkan Allah tersebut dalam segala permasalahan hidup.

Kalau kita perhatikan dengan seksama. Akan jelas sekali fenomena yang menghadang para muslimah ini. Apa yang dikabarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits itu. Nyatanya? Memang banyak yang memakainya.
Jadi, inti dari larangan dalam hadits tersebut adalah bertabarruj, yaitu keluar rumah dengan berdandan yang melanggar aturan syari’at dan berjilbab yang tidak benar sebagaimana firman Allah:

“dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu (bertabarruj) berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu“. (QS. Al-Ahzaab: 33).

Jadi, buat sobat-sobat muslimah, yuk pakai jilbabnya yang biasa-biasa aja. Yang syar’i, yang ndak ketat, yang ndak tembus pandang, dan yang ndak berpunuk unta. Iya bukan? Yapss! Kan capek ya? Unta dibawa-bawa. Kan berat boo :D

Semoga bermanfaat!

Wallahu A’lam

Salam hangat
Indah Fatmawati

About the author

Indah Fatmawati Hanya seorang anak kecil yang dilahirkan ke dunia untuk ditugaskan beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Agar dapat kembali pulang ke kampung halaman. Dan aku berharap, dengan adanya website ini orang-orang bisa semakin menganal islam lebih dalam. Dan memberikan citra islam yang baik. Bahwa kami ini bersatu dan satu. Merubah pandangan orang-orang bahwa sebenarnya ini agama Allah azza wa jala yang risalahnya datang dari tujuh lapis langit.

Tagged with: , , ,

26 responses to "Ada Apa Dengan Jilbab Punuk Unta?"

  1. Aji says:

    subhanallah… makasih ya dek Indah, mas jadi tau sakarang.. Hadits itu sendiri sudah pernah dengar sih, tapi baru jelas sekarang maksud mendalamnya…

    hehe, berat oi! :D

  2. indahee says:

    kembali kasih kak!
    semoga bisa bermanfaat ilmunya.
    trus perbanyak ilmu buat dakwah kak.. :D hehe

  3. adi says:

    Hemm ‘jilbab punuk unta’ jadi tambah ilmu… thanks ya

  4. muslimin says:

    Benar.
    Maka tutupilah auratmu dan jilbab adalah lebih baik bagimu wahai wanita serta berhati-hatilah dari ber-tabarruj (berlebih-lebihan dalam berhias).

    • indahee says:

      semoga para muslimah di berbagai belahan dunia bisa menerapkan itu semua.. :) terimakasih tanggapannya. Salam ukhuwah ^^

  5. [...] : http://www.indahislam.com/ada-apa-dengan-jilbab-punuk-unta/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. By 28vitaagustin • [...]

  6. mb,klo rambutnya panjang gmn?ga boleh dikuncir ya?bukannya nnt malah rambutnya berantakan kemana-mana?mohon pencerahan,tks

    • indahee says:

      Afwan, karena terlambatan membalas komentarnya.
      Untuk Bunda Azmi,
      bukan mirip untanya yang menjadikan haram tapi memperlihatkan rambut panjangnya yang tergulung didalam jilbab karena, pakaian mereka membentuk bagian tubuh atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut. oleh karena itu tidak boleh bagi seorang wanita menggelung rambutnya dibelakang kepalanya atau disampingnya yang akan menonjol. seperti itu, sehingga tampaklah bagi penglihatan orang walaupun tanpa sengaja bahwa itu adalah rambut yang lebat atau pendek. Maka wajib menguraikannya dan tidak menumpukkany bun.

      Banyak cara yang bia kita lakukan.. Menguncirkan rambut tapi tidak terlalu tinggi jadi tidak terlihat seperti punuk unta. atau memasukkan rambut ke dalam baju. Atau, memanjangkan jilbab..
      Kalau untuk saya sendiri, Indah lebih memilih untuk memanjangkan jilbab ke depan dan belakang. Sehingga lebih terlindungi :)

      Afwan…

      untuk mengurainya dan tidak menumpuknya.

  7. dyan says:

    kalau rambutnya tidak terlalu tbal tapi panjang saya jepit dgn jepitan rambut yg biasa di jual abang2..dan dijepitnya tidak terlalu keatas (dibelakang), ya pokoknya standard klo qta ingin buru2 lakukan sesuatu n spy rambut tidak gerah, maka qta akan cari jepitan n mnjepitnya…spt itulah biasa sy jepit rambut..apakah termasuk bntuk punuk ontakah? mohon penjelasannya ya, krn untuk mengepang sy tdk telaten..namun ttap ingin diridhoi Allah SWT.. Aamiin:)

    • indahee says:

      Terima kasih atas pertanyaannya bu..
      Memang, rambut adalah mahkota wanita yang harus dijaga. Sebenarnya, allah telah memberikan kita satu aset hak pakai yang dapat kita gunakan. Yaitu pikiran kita. Itulah mengapa, ada perintah bahwa wanita perlu mengulurkan jilbabnya lihat Qs. An-Nur ayat 31. Lebih baik ibu memanjangkan jilbab, sehingga tanpa diikat pun.. Rambut tidak terlihat. Atau ibu bisa mengikat tp jangan sampai seperti punuk unta..

      Itu saran dari saya, tapi kalau ibu mau coba silakan.. Afwan ya, dan jazakillah sudah mampir ke blog ini ^^

  8. medinaayasha says:

    Iya kak! Aku juga pernah melihat muslimah yang emmakai model jilbab seperti ini di bandara soeta. Aku baru tahu.. Ternyata ini dilarang ya.. Jazakillah ya, infonya kak..

  9. Hal seperti ini menurut saya tidak perlu menjadi kontroversi. Smua tergantung keyakinan dan logika kita menginterpretasikannya. Tapi kalo saya sih sangat sependapat dengan Indah, khawatir hadits yang dimaksud benar2 menginterpretasikan hal yang dimakssud Indah, jadi biar aman yaa nurut aja. Toh itu semua Allah yang suruh :)

  10. dini says:

    saya pernah nanya sama ustadz, kalau yang dimaksud punuk unta disana bukanlah tidak boleh menggelung rambut keatas, akan tetapi memakai rambut palsu atau sanggul, nah kalau menggelungnya disertakan rambut palsu maka itu menjadi haram.
    karena pada zaman nabi juga perempuannya menggelung rambutnya..

    #maaf kalau ada kata2 yang salah,, nuhuuunn,, :)

  11. komeng says:

    Lebay!!
    Bagian aurat mana yg terlihat??lha wong malah ditutupi kok!
    Kalaupun ini menjadi salah satu sumber maksiat yg ddimaksudkan,maka priialah yg harus dicolok matanya!masa liat bgtu aja sdh nafsu!
    Yang penting kan tdk telanjang??? Pemikiran kalian seperti orang* udik semua.. :v

  12. normala says:

    Dek indah,kalau tujuan rambut di kuncit agar rapi,tidak dg tujuan seperti punuk onts bagaimana??
    Kalau d biarin rambut suka kemana-mana Dan sy tidak nyaman….biasanya sy kuncit d belakang kepala Dan tidak sampai atas….mohon masukannya

  13. muslim says:

    jangan dibantah ikuti perintah…. kalo mau masuk syurga……

  14. jilbab says:

    makasih penjelasannya jadi lebih paham kalo mau pake jilbab

  15. Rifki says:

    misalnya kalo rambutnya panjang melebihi kerudung, trus gimana tuh .. ? apa dimasukin ke dalam jilbab ..?

    mohon jawabannya..

    terima kasih

  16. Sukron ukhti, sngat bermanfaat :-)

  17. kiki says:

    Alhamdulillah, jadi ngerti tentang jilbab punuk unta, terimakasih mba indah :)

Leave a reply

Like This Yo!

Links:louboutin pas cherlouboutin soldesLouboutin Pas CherLouboutin FemmeLongchamp Pas Chercanada goose pas cherGiuseppe Zanotti Hommelouboutin homme