? Apa Itu Tiga Agama Samawi? | Indah Islam
3:08 pm - Sunday October 19, 9456

3 Agama Samawi?!?

Sunday, 29 December 2013, 13:00 | Hukum Islam | 2 Comments | 7891 Views
by Indah Fatmawati

tentang agama

Sekarang ini lagi seru-serunya kalau kita bicarakan tentang agama samawi. Dan pas banget Indah habis pengajian dengan Ustadz Salim Qibas hari Jum’at yang lalu.

pak ustadz salim qibasTopik yang lagi dibahas itu tentang agama samawi dan juga tentang mengucapkan selamat natal. Jadi tuh ya, kata orang-orang benyakan begini:

“Agama samawi itu kan ada 3, Yaitu Yahudi sebagai agama yang paling tua. Nasrani dan juga islam”

“Kenapa kita ga boleh mengucapkan selamat natal? Toh kan, nasrani itu  kan termasuk agama samawi”

“Jadi benar ‘kan kalau agama samawi itu terdiri dari Yahudi, Nasrani sama Islam?”

Eits, tunggu dahulu..  Jangan asal sebut kalau belum tahu agama samawi itu apa ya.. Jadi sebenarnya agama samawi itu apa?

Samawi dalam bahasa arab adalah langit. Jadi Agama samawi adalah agama yang turun dari langit. Lho, jadi bagaimana? Apakah langit yang menurunkan agama ke bumi? No, bukan.. Langit jelas tak menurukan sebuah agama. Tapi karena Allah berada di langit atau mensifati diri-Nya atau menyatakan berada di langit. Yang sesuai dengan firman-Nya

67:16
Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?, (Al-Mulk : 16 )
67:17

atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku? (Al-Mulk : 17)

Jadi agama samawi adalah agama yang diturunkan oleh Allah yang berada di langit. Jelas sekali bahwa Nasrani dan Yahudi itu bukanlah agama samawi. Agama yang diturunkan di sisi Allah yang berada di langit dan agama itu hanya satu. Yaitu, islam. Sesuai yang ada di firman-Nya:

3:19

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Surat 3 ayat 19)

 

Dan inilah agama Islam yang Allah wahyukan kepada semua nabi-nabi. Sesuai dengan Al-Qur’an disebutkan bahwa :
33:7
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh. (Surat 33 ayat 7)
40:78
Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil. (Surat 4o ayat 78)
Orang yang agamanya sama seperti Nabi Ibrahim itu orang yang mengikuti nabi Ibrahim dan nabi Muhammad. Dan agama mereka satu-satunya adalah islam. Sesuai di firman-Nya:
22:78
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. (surat 22 ayat 78)
Kalian tahu tidak? Kalau sebenarnya agama Yahudi dan Nasrani itu agama buatan. Kata Yahudi itu berasal dari kata Yahuda, yaitu anak ketiga dari nabi Yakub. Padahal sebenarnya anak-anaknya  nabi yakub itu anak yang baik dan beriman kepada Allah. Sedangkan kata Nasrani itu berasal dari tempat di mana Nabi Isa lahir. Mereka itu bukanlah agama samawi, mungkin kalau bisa kita bilang.. Agama Romawi.
Qur’an menerangkan agama samawi itu dari langit. Allah itu berada di langit. Sekarang, coba dibayangkan  sejanak saja. Masa Allah menurunkan 3 agama? Tapi yang diterima-Nya hanya satu? Mana Mungkin!! Masa Allah ambigu sih? Memberikan 3 agama tapi yang diterima hanya satu? Kalau turun tiga masa yang dilegalkan hanya satu?..
Agama Islam itu agama sejak dulu.. Yang diwahyukan kepada semua nabi.
2:132

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Surat 2 ayat 132

So guys, kalau ditanya.. ada 3 agama samawi itu tidaklah benar. Karena hanya agama islamlah yang Allah turunkan. Hanya agama Islam yang diridhoinya. Dari sini kita bisa lihat, betapa pentingnya penghafal Qur’an tapi di sisi lain, penting juga untuk mentadabburi Al-Qur’an. Fenomena yang menyedihkan sekarang ini adalah, banyak yang menghafal Qur’an tapi setelah itu tidak memahami kandungan ayat Qur’an. Makanya, banyak yang bisa menjadi imam sholat tapi sedikit yang menjadi ahli tafsir. Tapi juga, kalau menafsirkan sesuatu butuh bersama orang ahlinya juga.
Hanya dengan membuka al-Qur’an saja, sudah menjadikan dalil yang sangat kuat. Menunjukan bahwa Islam adalah agama samawi sedangkan Nasrani dan Yahudi bukan agama samawi. Karena, kalau misalkan kita sendiri sebagai orang muslim perlu sadar, bahwa kalau kita tidak paham Qur’an dengan betul. Kita bisa ditipu dengan agama lain.
agama samawi
Wallahu A’lam 🙂 Begitulah isi catatan bukuku dari mejelis taklim yang dibawakan oleh Ustadz Salim. Kuharap, ini ada manfaatnya…
Salam Manis selalu,
Indah Fatmawati

About the author

Indah Fatmawati

Tagged with: , , , , , , , , , ,

2 responses to "3 Agama Samawi?!?"

  1. Indah islam.. alangkah indahnya bila artikel di dlmnya bisa menyejukkan., menambah toleransi semua agama. Tidak ada agama yg menipu agama lain. Apkh benar dlm Islam, tdk boleh mengucspkan selamat Natal?
    Trims

Leave a reply

Like This Yo!